RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VII / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 X pertemuan )
B. Kompetensi Dasar : 4.2.
Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
C. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
1.
Peserta
didik dapat menjelaskan hakekat
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
2.
Peserta didik dapat menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan
mengeluarkan pendapat dimuka umum
Pertemuan 2
1.
Peserta
didik dapat menjelaskan tata cara
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
2. Peserta didik dapat menjelaskan tata cara mengemukakan
pendapat di muka umum
Karakter siswa yang diharapkan : Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
D. Materi Pembelajaran
1.
Hakekat
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
2. Tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan
pendapat dimuka umum
3. Tata cara mengemukakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab
4. tata cara mengemukakan pendapat di muka
umum
E. Metode
Ceramah bervariasikan tanya jawab, diskusi dan jig saw
F. Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
· Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan
dipelajari
·
Memotivasi
a. Menjelaskan tujuan pembelajaran atau kompetensi yang ingin dicapai.
- Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.
Peserta
didik mencermati skema, bagan atau
gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang
diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
b.
Peserta didik menyimak penjelasan atau klarifikasi guru
tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik.
2).
Elaborasi
a.
Peserta
didik membagi diri ke dalam
kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mendiskusikan hakekat kemerdekaan
mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab, serta tujuan
pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
b.
Masing-masing
kelompok melaksanakan diskusi
c.
Masing-masing
kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi
d.
Peserta
didik yang lain memperhatikan dan
memberi tanggapan.
e.
Peserta
didik menyimak penjelasan dan
klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan hakekat
kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab, serta
tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
f.
Peserta
didik berperan secara aktif dalam
kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
3) Konfirmasi
a. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
b. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat
kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian pengertian mengeluarkan pendapat,
perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
b. Pos tes secara lisan dan refleksi
c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil
pembelajaran
d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan
guru
e. Menyampaikan rencana pembelaaran tentang Tata cara mengemukakan pendapat secara bebas
dan bertanggung jawab tata cara mengemukakan pendapat di muka umum untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
· Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan kelas, dll).
b.
Memberikan
pertanyaan-pertanyaan yang
mengaitkan
pengetahuan
sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·
Memotivasi
c. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai.
d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a. Peserta didik mencermati skema, bagan atau gambar-gambar
yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media
massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru
berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
2).
Elaborasi
a. Peserta didik menyimak penjelasan atau klarifikasi guru
tentang jawaban-jawaban yang diberikan Peserta didik
b. Membagi peserta didik menjadi 8 kelompok.
c. Menggunakan metode jig saw, setiap siswa diberi satu pertanyaan dalam satu lembar
kertas yang telah diberi nomor tentang
tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab dan tata cara mengemukakan pendapat di muka
umum
3) Konfirmasi
a.
Nomor
yang sama berkumpul dalam satu kelompok, untuk membahas permasalahan yang ada
dalam pertanyaan tersebut.
b.
Setelah
selesai, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusinya.
c.
Kelompok
yang lain memberikan tanggapan dan pertanyaan.
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat
kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian pengertian mengeluarkan pendapat,
perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
b. Pos tes secara lisan dan refleksi
c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil
pembelajaran
d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan
guru
e. Menyampaikan rencana pembelaaran tentang perilaku kemerdekaan mengeluarkan pendapa
untuk pertemuan berikutnya.
G.
Sumber belajar
·
Buku teks
siswa kelas VII
·
Buku
Pengayaan siswa kelas VII
·
Orang tua
·
Tokoh
masyarakat setempat
·
Artikel/berita
di media massa
H. Penilaian
Penilaia
dilaksanakan selama proses dan seudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
1.Menjelaskan alasan mengemukakan pendapat
harus dilandasi
kebebasan
bertanggung jawab
2. Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan
mengeluarkan pendapat dimuka umum
3. Menjelaskan tata cara mengemukak-an pendapat secara
bebas
dan bertanggungjawab
4. Menjelaskan tata cara mengemukak-an pendapat di muka
umum
|
Tes tertulis
|
Pilihan ganda
|
1. Di bawah ini pentingnya mengemukakan pendapat dilandasi kebebasan yang bertanggungjawab kecuali ...
a. menjaga keutuhan, persatuan dan kesatuan
bangsa
b. menjaga keamanan dan ketertiban
c. menjaga kepen tingan kelom pok/etnis
tertentu
d. menghormati hak dan kebebasan orang
2. Pendapat yang bermutu tinggi antara lain ….menjunjung
tinggi nilai kemanusiaan
a. mengikuti perkembangan jaman
b. memenuhi kebutuhan masyarakat
c. disampaikan oleh tenaga ahli profesional
3. Pernyataan :
1.meningkatkan kesejehteraan
2.mewujudkan kebebasan yang bertanggungjawab
3. mewujudkan perlindungan hukum
4.mewujudkan iklim yang kondusif
Dari pernyataan diatas yang termasuk tujuan
pengaturan kemerdekaan mengeluarkan pendapat ditunjukkan nomor…
a. 1, 2
dan 3 c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2 dan 4 d.
2, 3 dan 4
4. Dalam menyampaikan pendapat yang perlu
ditonjolkan adalah etika antara lain
….
a. kemampuan untuk berbicara
b. gagasan dan ide yang cemerlang
c. semangat untuk mempengaruhi orang lain
d. berbicara sopan dan santun
5. Kesadaran dalam melaksanakan kebebasan
haruslah diiringi dengan ….
a. kebebasan yang hakiki
b. rasa tanggung jawab
c. kehendak bersama dan demokrasi
d. memperhatikan pendapat orang lain
6. Setiap siswa telah menggunakan hak kebebasan
mengeluarkan pendapatnya, yaitu ….
a. bertanya atau menjawab pertanyaan guru
b. membuat karangan dalam pelajaran Behasa Indonesia
c. mengikuti diskusi dalam musyawarah kelas
d. membaca dan merangkum
buku mata pelajaran
7. Tata cara penyampaian pendapat di muka umum antara
lain selambat-lambatnya 3 x 24 jam sebelum
pelaksanaan sudah memberitahukan kepada ….
a. Polri setempat secara tertulis
b. TNI yang bertugas di wilayahnya
c. Aparat pemerintah secara resmi
d.
Organisasi yang ada di atasnya secara tertulis
8. Doni ikut serta sebagai peserta penyampaian pendapat di muka umum, yang tidak dibenarkan
dibawa oleh Doni adalah ….
a. poster atau tulisan yang kurang menarik
simpati orang lain
b. benda-benda yang mewah dan harganya terlalu mahal
c. benda yang dapat membahayakan keselamatan orang lain
d. kendaraan yang terlalu banyak untuk
kepentingan
pawai
9. Kewajiban dan tanggung jawab :
1. menghormati aturan
moral yang diakui umum
2. menjaga keamanan dan ketertiban umum
3. mengutamakan kepentingan orang lain
4. menjaga keutuhan dan kesatuan bangsa
5. memperhatikan lingkungan setempat
Kewajiban
dan tanggung jawab warga Negara yang menyampaikan pendapat di muka umum
ditunjukkan nomor ….
a.
1, 2,
dan 3 c. 2, 3,
dan 5
b.
1, 2,
dan 4 d. 2, 4, dan
5
10. Kewajiban dan tanggung jawab :
1.
melindungi
HAM
2.
menghargai
azas legalitas
3.
membatasi
pengunjuk rasa
4.
menyelenggarakan
pengamanan
11. mengawasi pengunjuk rasa
Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah dalam pelaksanaan menyampaikan pendapat di
muka umum ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2, dan 3 c. 2, 3, dan
5
b. 1, 2, dan 4 d. 2,
4, dan 5
|
Kunci Jawaban :
Pilihan
ganda : 1. C 2. A 3. D 4. D 5. B 6. A 7. A 8. C 9.
B 10. B
Pedoman penskoran ;
Pilihan
ganda nomor 1-10 tiap soal diberikan skor 1. Jadi jumlah skor = 10
Nilai = Jumlah skor X 10
:
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Menguraikan Hakekat, Tujuan, Tata Cara, Serta Pentingnya Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.