Monday 15 October 2012

Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Menguraikan Hakekat, Tujuan, Tata Cara, Serta Pentingnya Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                      : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran                    : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                     : VII / 2
Alokasi Waktu                     :   4 x 40 menit ( 2 X pertemuan )

  A. Standar Kompetensi         :  4.     Menampilkan perilaku kemerdekaan mengeluarkan pendapat

 B.  Kompetensi Dasar         : 4.2.  Menguraikan pentingnya kemerdekaan mengeluarkan pendapat  secara bebas dan bertanggung jawab

  C. Tujuan Pembelajaran
 Pertemuan 1
1.    Peserta didik   dapat menjelaskan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
2.     Peserta didik  dapat menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
Pertemuan 2
1.    Peserta didik  dapat menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
2.    Peserta didik  dapat menjelaskan tata cara mengemukakan pendapat di muka umum      

Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
D.  Materi Pembelajaran
1.    Hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
2.    Tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
3.    Tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab
4.    tata cara mengemukakan pendapat di muka umum      

E.   Metode
Ceramah bervariasikan tanya jawab, diskusi  dan jig saw

F. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
    pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·    Memotivasi
a.   Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
  1. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.



Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.       Peserta didik  mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
b.       Peserta didik  menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik.
2).  Elaborasi
a.   Peserta didik  membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mendiskusikan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab, serta tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
b.  Masing-masing kelompok melaksanakan diskusi
c.   Masing-masing kelompok secara bergiliran mempresentasikan hasil diskusi
d.  Peserta didik  yang lain memperhatikan dan memberi tanggapan.
e.   Peserta didik  menyimak penjelasan dan klarifikasi guru mengenai konsep-konsep inti yang berkaitan dengan hakekat kemerdekaan mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab, serta tujuan pengaturan kebebasan mengeluarkan pendapat dimuka umum
f.    Peserta didik  berperan secara aktif dalam kegiatan tanya jawab kelas yang difasilitasi oleh guru
3) Konfirmasi
a.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

Kegiatan Penutup ( 10 menit )
              a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
             b.     Pos tes secara lisan  dan refleksi
              c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
             d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
              e.     Menyampaikan rencana pembelaaran tentang   Tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab tata cara mengemukakan pendapat di muka umum    untuk  pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan
   pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·    Memotivasi
c. Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
              a.     Peserta didik  mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
2).  Elaborasi
                       a.    Peserta didik  menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan Peserta didik
                      b.    Membagi peserta didik  menjadi 8 kelompok.
                       c.    Menggunakan metode jig saw, setiap siswa diberi satu pertanyaan dalam satu lembar kertas yang telah diberi nomor  tentang tata cara mengemukakan pendapat secara bebas dan bertanggung jawab  dan tata cara mengemukakan pendapat di muka umum
3) Konfirmasi
                   a.        Nomor yang sama berkumpul dalam satu kelompok, untuk membahas permasalahan yang ada dalam pertanyaan tersebut.
                  b.        Setelah selesai, masing-masing kelompok melakukan presentasi hasil diskusinya.
                   c.        Kelompok yang lain memberikan tanggapan dan pertanyaan.

Kegiatan Penutup ( 10 menit )
              a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
             b.     Pos tes secara lisan  dan refleksi
              c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
             d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
              e.     Menyampaikan rencana pembelaaran tentang   perilaku kemerdekaan mengeluarkan pendapa
 untuk  pertemuan berikutnya.

G.      Sumber belajar
·         Buku teks siswa kelas VII
·         Buku Pengayaan siswa kelas VII
·         Orang tua
·         Tokoh masyarakat setempat
·         Artikel/berita di media massa

H.    Penilaian
Penilaia dilaksanakan selama proses dan seudah pembelajaran
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
1.Menjelaskan alasan mengemukakan pendapat harus dilandasi
     kebebasan bertanggung jawab

2. Menjelaskan tujuan pengaturan kebebasan
     mengeluarkan  pendapat dimuka umum

3. Menjelaskan  tata cara mengemukak-an pendapat secara bebas                                                 dan  bertanggungjawab

4. Menjelaskan  tata cara mengemukak-an pendapat di muka umum      
               

Tes tertulis





























































































Pilihan ganda



























































































1.  Di bawah ini pentingnya  mengemukakan pendapat  dilandasi kebebasan yang  bertanggungjawab kecuali  ...
a.   menjaga keutuhan, persatuan  dan kesatuan
    bangsa
b.  menjaga keamanan dan ketertiban
c.   menjaga kepen tingan kelom pok/etnis tertentu
d.  menghormati hak dan kebebasan orang

2.      Pendapat yang bermutu tinggi antara lain ….menjunjung tinggi nilai kemanusiaan
a.   mengikuti perkembangan jaman
b.  memenuhi kebutuhan masyarakat
c.   disampaikan oleh tenaga ahli profesional

3.      Pernyataan :
1.meningkatkan kesejehteraan
2.mewujudkan kebebasan yang bertanggungjawab
3. mewujudkan perlindungan hukum
4.mewujudkan iklim yang kondusif
Dari pernyataan diatas yang termasuk tujuan pengaturan kemerdekaan mengeluarkan pendapat ditunjukkan nomor…
a.  1,  2 dan 3                     c. 1, 3 dan 4     
b.   1, 2 dan 4                    d. 2, 3 dan 4

4.  Dalam menyampaikan pendapat yang perlu ditonjolkan adalah  etika antara lain ….
a.       kemampuan untuk berbicara
b.      gagasan dan ide yang cemerlang
c.     semangat untuk mempengaruhi orang lain
d.      berbicara sopan dan santun

5.  Kesadaran dalam melaksanakan kebebasan haruslah diiringi dengan ….
a.       kebebasan yang hakiki
b.      rasa tanggung jawab
c.       kehendak bersama dan demokrasi
d.      memperhatikan pendapat orang lain

6.  Setiap siswa telah menggunakan hak kebebasan mengeluarkan pendapatnya, yaitu ….
a.     bertanya atau menjawab pertanyaan guru
b.     membuat karangan dalam pelajaran Behasa Indonesia
c.     mengikuti diskusi dalam musyawarah kelas
d.     membaca dan merangkum buku mata pelajaran

7. Tata cara penyampaian pendapat di muka umum antara lain selambat-lambatnya 3 x 24 jam sebelum
                                    pelaksanaan sudah memberitahukan kepada ….
a.       Polri setempat secara tertulis
b.      TNI yang bertugas di wilayahnya
c.       Aparat pemerintah secara resmi
d.     Organisasi yang ada di atasnya secara  tertulis

8. Doni ikut serta sebagai peserta penyampaian  pendapat di muka umum, yang tidak  dibenarkan
                                    dibawa oleh Doni adalah ….
a.    poster atau tulisan yang kurang menarik simpati orang lain
b.    benda-benda yang mewah dan harganya terlalu  mahal
c.    benda yang dapat membahayakan keselamatan  orang lain
d.    kendaraan yang terlalu banyak untuk
      kepentingan pawai

9.  Kewajiban dan tanggung jawab :
1.  menghormati aturan moral yang diakui umum
2.  menjaga keamanan dan ketertiban umum
3.  mengutamakan kepentingan orang lain
4.  menjaga keutuhan  dan kesatuan bangsa
5.  memperhatikan lingkungan setempat
    Kewajiban dan tanggung jawab warga Negara yang menyampaikan pendapat di muka umum ditunjukkan nomor ….
a.       1, 2, dan 3                   c.  2, 3, dan  5
b.      1, 2, dan 4                   d.  2, 4, dan  5

10.  Kewajiban dan tanggung jawab :
1.      melindungi HAM
2.      menghargai azas legalitas
3.      membatasi pengunjuk rasa
4.      menyelenggarakan pengamanan
11.  mengawasi pengunjuk rasa
    Kewajiban dan tanggung jawab pemerintah dalam pelaksanaan  menyampaikan pendapat  di   muka umum ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2, dan 3                      c.  2, 3, dan  5
      b. 1, 2, dan 4                     d.  2, 4, dan  5
Kunci Jawaban :
Pilihan ganda :  1. C    2. A     3. D     4. D     5. B     6. A     7. A     8. C     9. B       10.  B

Pedoman penskoran ;
Pilihan ganda nomor 1-10  tiap soal   diberikan skor 1. Jadi jumlah skor = 10 

 Nilai  = Jumlah skor  X 10

                              :  

Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………




(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN




(_______________________)
NIP/NIK : ..............................

Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS Terpadu SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Menguraikan Hakekat, Tujuan, Tata Cara, Serta Pentingnya Kemerdekaan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email