Monday, 15 October 2012

Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS TERPADU SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Kebebasan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum Dengan Kriteria Mampu Bertanggungjawab Dimanapun Dan Kapanpun Berada


RENCANA PELAKSAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah                        : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran          : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester           : VII / 2
Alokasi Waktu                       :   4 x 40 menit ( 2 X pertemuan )

A.   Standar Kompetensi     :  4.   Menampilkan perilaku kemerdekaan mengeluarkan pendapat

B.   Kompetensi Dasar         :  4.3  Mengaktualisasikan kemerdekaan mengeluarkan pendapat secara
                                              bebas dan bertanggungjawab.
     
C.     Tujuan Pembelajaran
       Pertemuan 1
1.    Peserta didik  dapat menunjukan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan
     pendapat secara bebas dan bertanggungjawab.
Pertemuan 2
2.    Peserta didk dapat menerapkan  kebebasan mengeluarkan pendapat di lingkungan sekolah secara
     Bertanggungjawab

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Dapat dipercaya ( Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Peduli ( caring )
Jujur ( fairnes )

D.     Materi Pembelajaran
1.    Sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan
       bertanggungjawab.
2.    Kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab

E.     Metode
Tanya jawab, simulasi dan demontrasi

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan    pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·    Memotivasi
c. Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.   Peserta didik mencermati skema, bagan atau gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.

2).  Elaborasi
a.   Peserta didik  menyimak penjelasan atau klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik.
b.  Peserta didik  membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mensimulasikan penggunaan hak secara bebas dan bertanggungjawab.
c.   Masing-masing kelompok mensimulasikan materi tersebut sesuai peranannya.
d.  Peserta didik  yang lain memperhatikan  pelaksanaan simulasi dan setelah selesai  memberi tanggapan.
3) Konfirmasi
a.   Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
b.   Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Kegiatan Penutup ( 10 menit )
              a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
             b.     Pos tes secara lisan  dan refleksi
              c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
             d.     Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
              e.     Menyampaikan rencana pembelaaran untuk  pertemuan berikutnya.

Pertemuan 2
Kegiatan Pendahuluan ( 10 menit )
·    Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi, kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan    pengetahuan sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari
·    Memotivasi
c. Menjelaskan tujuan  pembelajaran atau  kompetensi yang ingin dicapai.
d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian kegiatan sesuai silabus.

Kegiatan Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.   Peserta didik membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mendemontrasikan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab dalam rapat
2).  Elaborasi
a.       Dengan difasilitasi oleh guru, peserta didik  merencanakan demontrasi / rapat  dengan topik perpisahan kelas
b.      Peserta didik  melaksanakan demontrasi  sesuai dengan tugas yang diberikan guru.
c.       Peserta didik  menyimak dan mencermati kegiatan demontrasi /rapat  kelompok lain
d.      Peserta didik  dengan difasilitasi oleh guru memberikan komentar atau tanggapan terhadap pelaksanaan demontrasi  tersebut
3) Konfirmasi
a.   Peserta didik  sesuai dengan giliran kelompoknya melaksanakan demontrasi  sesuai yang ditugaskan guru


Kegiatan Penutup ( 10 menit )
              a.     Peserta didik  dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian  pengertian mengeluarkan pendapat, perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
             b.     Pos tes secara lisan  dan refleksi
              c.     Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil pembelajaran
             d.     Peserta didik  mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan guru
              e.     Menyampaikan rencana pembelaaran

G.        Sumber belajar
·         Buku teks siswa kelas VII
·         Buku Pengayaan siswa kelas VII
·         Orang tua
·         Tokoh masyarakat setempat
·         artikel/berita di media massa

H.      Penilaian
Penilaia dilaksanakan selama proses dan seudah pembelajaran
Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
· Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
  
· Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah, masyarakat  secara bertanggungjawab

Penilaian diri













































Penilaian diri


Quesioner













































 penilaian antar teman/ penilaian diri
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
NO
PERNYATAAN
SS
S
N
TS
STS
1
Bagi kelompok yang akan ber demo diahrus kan meminta izin terlebih dahulu





2
Dalamberdemo harus jelas sia yang menjadi papimpinan, berapa jumlah peserta dan apa yang akan disampaikan nya





3
Hari Minggu ti dak boleh mela kukan demo





4
Membakar poto presiden, dan  lambang negara dalam berdemo meru pakan tindakan pidana





5
Berdemo yang disertai peng rusakan fasili tas umum merupakan tindakan anrkis





Keterangan:
SS= Sangat Setuju
   ( bobot skor 5 kalau pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak Berpendapat/Netral       ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju         (   bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4 kalau negatif )
STS  = Sangat Tidak Setuju ( bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )

Penialain perilaku melalui pengamatan      
( Instrumen terlampir ).


Penilaian dilakukan melaui pengamatan  sebelum, selama dan sesudah  proses pembelajaran.
Indikator Pencapaian:
1.    Menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan hak  mengeluarkan pendapat secara bebas dan
      bertanggungjawab
2.Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan  sekolah secara bertanggungjawab
Teknik Penilaian :  Penilaian diri
Bentuk Intrumen : Kuesioner
      Intrumen :
        Penilaian sikap
Untuk mengisi format ini, penilaian dapat dilakukan oleh diri sendiri atas masukan dari orang lain  atau antarteman. Berilah penilaian dari pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
Sikap
Nilai pernyataan positif
( benar )
Nilai pernyataan negarif ( Salah )
1.
Sangat setuju
5
1
2
Setuju
4
2
3
Netral
3
3
4
Tidak setuju
2
4
5
Sangat tidak setuju
1
5

No
Pernyataan Sikap
Nilai
Keterangan
1
Bagi kelompok yang akan berdemo diharuskan meminta izin terlebih dahulu kepada kepolisian setempat

85-100 Baik
            sekali
75-84  Baik
65-74 Cukup
2
Dalam berdemo harus jelas siapa yang menjadi pimpinan, berapa jumlah peserta dan apa yang akan disampaikan nya

3
Hari Minggu tidak boleh melakukan demo

4
Membakar poto presiden, dan  lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana

5
Berdemo yang disertai peng rusakan fasilitas umum merupakan tindakan anarkhis

6
Saya selalu mendukung orang yang berdemo

7
Berdemo tidak dibenarkan di tempat – tempat penting pelayanan masyarakat

8
Dalam berdemo sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang kasar dan menghasut orang lain

9
Dalam unjuk rasa boleh membawa senjata tajam

10
Dalam berunjuk rasa akan lebih baik jika hanya perwakilan


Jumlah nilai

Jumlah Skor Nilai maksimal
 50
Nilai  =  Jumlah nilai  : 50  X 100 =



Penilaian Perilaku
Untuk mengisi format ini, penilaian dapat dilakukan oleh diri sendiri atas masukan dari orang lain  atau antarteman. Berilah penilaian dari pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
Perilaku
Nilai pernyataan positif
( Benar )
Nilai pernyataan negarif
( Salah )
1.
Selalu
5
1
2
Sering
4
2
3
Kadang-kadang
3
3
4
Jarang
2
4
5
Tidak pernah
1
5

No
Pernyataan Perilaku
Nilai
Keterangan
1
Menghormati pendapat orang lain

85-100 Baik
            sekali
75-84  Baik
65-74 Cukup
2
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain

3
Menyinggung perasaan orang lain

4
Memotong pembicaraan orang lain

5
Mendukung suara terbanyak

6
Menggunakan kata-kata yang sopan dan santun

7
Mengemukakan pendapat dengan tertib

8
Mematuhi aturan yang berlaku

9
Menghargai perbedaan pendapat

10
Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan


Jumlah nilai

Jumlah Skor Nilai maksimal
 50
Nilai  =  Jumlah nilai  : 50  X 100 =





      Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………



(__________________________)
NIP/NIK : ..............................

…..,…………………  20 …….
Guru Mapel PKN



(_______________________)
NIP/NIK : ..............................


Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS TERPADU SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Kebebasan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum Dengan Kriteria Mampu Bertanggungjawab Dimanapun Dan Kapanpun Berada
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email