RENCANA PELAKSAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah :
SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran :
Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester :
VII / 2
Alokasi Waktu : 4 x 40 menit ( 2 X pertemuan )
B. Kompetensi Dasar :
4.3 Mengaktualisasikan kemerdekaan
mengeluarkan pendapat secara
bebas dan bertanggungjawab.
C. Tujuan
Pembelajaran
Pertemuan 1
1. Peserta didik dapat menunjukan sikap positif terhadap
penggunaan hak mengeluarkan
pendapat secara bebas dan
bertanggungjawab.
Pertemuan 2
2. Peserta didk dapat menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat di lingkungan
sekolah secara
Bertanggungjawab
v
Karakter siswa yang
diharapkan : Dapat dipercaya (
Trustworthines)
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Berani ( courage )
Peduli ( caring
)
Jujur ( fairnes
)
D. Materi
Pembelajaran
1. Sikap positif terhadap penggunaan hak
mengeluarkan pendapat secara bebas dan
bertanggungjawab.
2.
Kebebasan
mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab
E.
Metode
Tanya jawab,
simulasi dan demontrasi
F.
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran.
Pertemuan 1
Kegiatan
Pendahuluan
( 10 menit )
· Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
·
Memotivasi
c. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai.
d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a. Peserta didik mencermati skema, bagan atau
gambar-gambar yang disajikan guru, baik yang dibuatnya sendiri maupun yang
diambil dari media massa. Setelah itu siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang
dikemukakan guru berkenaan dengan gambar-gambar tersebut.
2).
Elaborasi
a.
Peserta
didik menyimak penjelasan atau
klarifikasi guru tentang jawaban-jawaban yang diberikan peserta didik.
b. Peserta didik membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang
diminta guru untuk mensimulasikan penggunaan hak secara bebas dan
bertanggungjawab.
c.
Masing-masing
kelompok mensimulasikan materi tersebut sesuai peranannya.
d. Peserta didik yang lain memperhatikan pelaksanaan simulasi dan setelah selesai memberi tanggapan.
3) Konfirmasi
a. Guru
bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
b. Guru
bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan
penguatan dan penyimpulan
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat
kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian pengertian mengeluarkan pendapat,
perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
b. Pos tes secara lisan dan refleksi
c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil
pembelajaran
d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan
yang diberikan guru
e. Menyampaikan rencana pembelaaran untuk pertemuan berikutnya.
Pertemuan 2
Kegiatan
Pendahuluan ( 10 menit )
· Apersepsi
a. Kesiapan kelas dalam pembelajaran ( absensi,
kebersihan kelas, dll).
b. Memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mengaitkan pengetahuan sebelumnya dengan materi yang
akan dipelajari
·
Memotivasi
c. Menjelaskan tujuan
pembelajaran atau kompetensi yang
ingin dicapai.
d. Meyampaikan cakupan materi dan penjelasan uraian
kegiatan sesuai silabus.
Kegiatan
Inti ( 60 menit )
1). Eksplorasi
a.
Peserta
didik membagi diri ke dalam kelompok-kelompok yang diminta guru untuk mendemontrasikan
kebebasan mengeluarkan pendapat dilingkungan sekolah secara bertanggungjawab
dalam rapat
2).
Elaborasi
a.
Dengan
difasilitasi oleh guru, peserta didik
merencanakan demontrasi / rapat dengan
topik perpisahan kelas
b.
Peserta
didik melaksanakan demontrasi sesuai dengan tugas yang diberikan guru.
c.
Peserta
didik menyimak dan mencermati kegiatan demontrasi
/rapat kelompok lain
d.
Peserta
didik dengan difasilitasi oleh guru
memberikan komentar atau tanggapan terhadap pelaksanaan demontrasi tersebut
3) Konfirmasi
a.
Peserta
didik sesuai dengan giliran kelompoknya
melaksanakan demontrasi sesuai yang
ditugaskan guru
Kegiatan
Penutup ( 10 menit )
a. Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi guru membuat
kesimpulan dan rangkuman materi tentang pengertian pengertian mengeluarkan pendapat,
perundang-undangan yang mengatur kebebasan mengeluarkan pendapat
b. Pos tes secara lisan dan refleksi
c. Memeberikan umpan balik terhadap proses hasil
pembelajaran
d. Peserta didik mencatat tugas-tugas kegiatan yang diberikan
guru
e. Menyampaikan rencana pembelaaran
G.
Sumber belajar
·
Buku teks
siswa kelas VII
·
Buku
Pengayaan siswa kelas VII
·
Orang tua
·
Tokoh
masyarakat setempat
·
artikel/berita
di media massa
H.
Penilaian
Penilaia
dilaksanakan selama proses dan seudah pembelajaran
Indikator pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk Instrumen
|
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
· Menunjukkan sikap positif terhadap
penggunaan hak mengeluarkan pendapat secara bebas dan bertanggungjawab
· Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat
dilingkungan sekolah, masyarakat
secara bertanggungjawab
|
Penilaian diri
Penilaian diri
|
Quesioner
penilaian antar teman/ penilaian diri
|
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
SS= Sangat Setuju
( bobot skor 5 kalau
pernyataan positi dan 1 kalau negatif )
S = Setuju ( skor 4 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
N = Tidak
Berpendapat/Netral ( skor 3 )
TS = Tidak Setuju ( bobot skor 2 kalau pernyataan positif dan 4
kalau negatif )
STS = Sangat Tidak Setuju (
bobot skor 5 kalau pernyataan positif dan 1 kalau negatif )
Penialain perilaku melalui pengamatan
( Instrumen terlampir ).
|
Penilaian
dilakukan melaui pengamatan sebelum,
selama dan sesudah proses pembelajaran.
Indikator
Pencapaian:
1.
Menunjukkan
sikap positif terhadap penggunaan hak
mengeluarkan pendapat secara bebas dan
bertanggungjawab
2.Menerapkan kebebasan mengeluarkan pendapat
dilingkungan sekolah secara
bertanggungjawab
Teknik
Penilaian : Penilaian diri
Bentuk
Intrumen : Kuesioner
Intrumen :
Penilaian sikap
Untuk
mengisi format ini, penilaian dapat dilakukan oleh diri sendiri atas masukan
dari orang lain atau antarteman. Berilah penilaian dari pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
|
Sikap
|
Nilai pernyataan positif
( benar )
|
Nilai pernyataan negarif ( Salah )
|
1.
|
Sangat setuju
|
5
|
1
|
2
|
Setuju
|
4
|
2
|
3
|
Netral
|
3
|
3
|
4
|
Tidak setuju
|
2
|
4
|
5
|
Sangat tidak setuju
|
1
|
5
|
No
|
Pernyataan Sikap
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Bagi kelompok yang akan berdemo diharuskan meminta izin terlebih
dahulu kepada kepolisian setempat
|
|
85-100 Baik
sekali
75-84 Baik
65-74 Cukup
|
2
|
Dalam berdemo harus jelas siapa yang menjadi pimpinan, berapa jumlah
peserta dan apa yang akan disampaikan nya
|
|
|
3
|
Hari Minggu tidak boleh melakukan demo
|
|
|
4
|
Membakar poto presiden, dan
lambang negara dalam berdemo merupakan tindakan pidana
|
|
|
5
|
Berdemo yang
disertai peng rusakan fasilitas umum merupakan tindakan anarkhis
|
|
|
6
|
Saya selalu mendukung orang yang berdemo
|
|
|
7
|
Berdemo tidak dibenarkan di tempat – tempat penting pelayanan
masyarakat
|
|
|
8
|
Dalam berdemo sebaiknya tidak menggunakan kata-kata yang kasar dan
menghasut orang lain
|
|
|
9
|
Dalam unjuk rasa boleh membawa senjata tajam
|
|
|
10
|
Dalam berunjuk rasa akan lebih baik jika hanya perwakilan
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
|
Jumlah Skor Nilai maksimal
|
50
|
||
Nilai = Jumlah nilai : 50
X 100 =
|
|
|
Penilaian Perilaku
Untuk
mengisi format ini, penilaian dapat dilakukan oleh diri sendiri atas masukan
dari orang lain atau antarteman. Berilah penilaian dari pernyataan di bawah ini sesuai rubrik berikut :
No
|
Perilaku
|
Nilai pernyataan positif
( Benar )
|
Nilai pernyataan negarif
( Salah )
|
1.
|
Selalu
|
5
|
1
|
2
|
Sering
|
4
|
2
|
3
|
Kadang-kadang
|
3
|
3
|
4
|
Jarang
|
2
|
4
|
5
|
Tidak pernah
|
1
|
5
|
No
|
Pernyataan Perilaku
|
Nilai
|
Keterangan
|
1
|
Menghormati pendapat orang lain
|
|
85-100 Baik
sekali
75-84 Baik
65-74 Cukup
|
2
|
Tidak memaksakan kehendak kepada orang lain
|
|
|
3
|
Menyinggung perasaan orang lain
|
|
|
4
|
Memotong pembicaraan orang lain
|
|
|
5
|
Mendukung suara terbanyak
|
|
|
6
|
Menggunakan kata-kata yang sopan dan santun
|
|
|
7
|
Mengemukakan pendapat dengan tertib
|
|
|
8
|
Mematuhi aturan yang berlaku
|
|
|
9
|
Menghargai perbedaan pendapat
|
|
|
10
|
Melaksanakan musyawarah dalam mengambil keputusan
|
|
|
|
Jumlah nilai
|
|
|
Jumlah Skor Nilai maksimal
|
50
|
||
Nilai = Jumlah nilai : 50
X 100 =
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK : ..............................
|
|
…..,………………… 20 …….
Guru Mapel PKN
(_______________________)
NIP/NIK : ..............................
|
Contoh RPP Berkarakter PKN---IPS TERPADU SMP Kelas VII/7 Semester 2 Pada Materi Pokok Kebebasan Mengeluarkan Pendapat di Muka Umum Dengan Kriteria Mampu Bertanggungjawab Dimanapun Dan Kapanpun Berada
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.