Berikut ini--->>>TEORI-TEORI PEMBELAJARAN:
- TEORI BELAJAR HUMANISTIK
Abraham Maslow dan Carl Rogers termasuk kedalam tokoh
kunci humanisme. Tujuan utama dari humanisme dapat dijabarkan sebagai
perkembangan dari aktualisasi diri manusia automomous. Dalam humanisme, belajar
adalah proses yang berpusat pada pelajar dan dipersonalisasikan, dan peran
pendidik adalah sebagai seorang fasilitator.
Afeksi dan kebutuhan kognitif
adalah kuncinya, dan goalnya adalah untuk membangun manusia yang dapat
mengaktualisasikan diri dalam lingkungan yang kooperatif dan suportif.
Dijelaskan juga bahwa pada hakekatnya setiap manusia adalah unik, memiliki
potensi individual dan dorongan internal untuk berkembang dan menentukan
perilakunya. Kerana itu dalam kaitannya maka setiap diri manusia adalah bebas
dan memiliki kecenderungan untuk tumbuh dan berkembang mencapai aktualisasi
diri.
2.
TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK
Menurut
teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari
adanya interaksi antara stimulus dan respon. Seseorang dianggap telah belajar
sesuatu apabila ia mampu menunjukkan perubahan tingkah laku. Dengan kata lain,
belajar merupakan bentuk perubahan yang dialami siswa dalam hal kemampuannya
untuk bertingkah laku dengan cara yang baru sebagai hasil interaksi antara
stimulus dan respon.
3.
TEORI PEMBELAJARAN SOSIAL
Teori Perilaku (Bandura)
Konsep motivasi
belajar berkaitan erat dengan prinsip bahwa perilaku yang
memperoleh penguatan(reinforcement) di masa lalu lebih
memiliki kemungkinan diulang dibandingkan dengan perilaku yang tidak memperolehpenguatan atau
perilaku yang terkena hukuman (punishment). Dalam kenyataannya,
daripada membahas konsep motivasi belajar, penganut teori
perilaku lebih memfokuskan pada seberapa jauh siswatelah
belajar untuk mengerjakan pekerjaan sekolah dalam rangka
mendapatkan hasil yang diinginkan (Bandura, 1986 dan Wielkeiwicks,
1995).
Teori-Teori Pembelajaran---Teori Belajar HUMANISTIK, BEHAVIORISTIK, Dan Teori Pembelajaran Sosial
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.