Lembar Kerja Siswa
A.
Tujuan
Setelah melakukan observasi atau pengamatan lapangan diharapkan :
1. Siswa mampu mengetahui ciri-ciri sampah organik dan
sampah non organik
2. Siswa mampu
membedakan sampah organik dan sampah non organic
3. Siswa mampu mengetahui cara memanfaatkan/ mengelola
sampah organik
B.
Alat dan Bahan
Karung, cangkul dsb, LKS, sampah organik
(rumput, daun kering dan sisa-sisa sayuran),
kotoran hewan (kotoran sapi, kambing
atau yang lainnya) yang sudah agak lama, Cairan EM4 (banyak tersedia di toko
pertanian).
C.
Petunjuk Pengisian
·
Kegiatan 1.
Berilah jawaban pada pertanyaan yang ada dengan cara melakukan pengamatan
dilapangan.
·
Kegiatan 2.
Lakukanlah kegiatan praktikum, dengan mengikuti langkah-langkah kegiatan
secara runtut dan benar
Kegiatan 1
1.
Catatlah
sampah yang kalian temukan dilapangan pada Tabel Pengamatan 1, lalu berikan
ciri-cirinya dengan memberi tanda ( √ ) pada
kolom yang tersedia.
Tabel Pengamatan
1
No
|
Sampel
(Sampah yang
ditemukan)
|
Ciri
khusus
|
Kesimpulan
|
||||
Berasal dari
tumbuhan/ hewan
|
Berasal dari plastik/
besi /kaca
|
Mudah terurai secara
alami
|
Tidak dapat/ lama
terurai
|
Sampah Organik
|
Sampah Non Organik
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
7
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
|
|
|
|
|
|
|
Kegiatan 2
Langkah-langkah kegiatan pembuatan pupuk kompos :
Tahap Awal
1.
Kumpulkan rumput-rumput, daun-daun
kering dan sisa-sisa sayuran menjadi satu.
2.
Potong menjadi beberapa bagian
(kira-kira 2-5 cm/bagian). Pemotongan ini diperlukan untuk mempercepat proses
pembusukan.
3.
Setelah semua daun/rumput dipotong
kemudian direndam dalam cairan EM4 beberapa menit. (Ikuti petunjuk pemakaian
EM4.)
4.
Masukkan kotoran hewan ke
dalam karung kira-kira 1/3 bagian.
5.
Masukkan daun/rumput yang telah
direndam dalam cairan EM4 tadi ke dalam
karung.
6.
Siram karung dengan EM4 yang telah
digunakan untuk merendam tadi kedalam karung.
7.
Tutup rapat karung.
Tahap
Lanjutan
8.
Bahan-bahan tersebut diberi air
secukupnya setiap 3 hari.
9.
Bahan-bahan tersebut perlu dibolak-balik komposisinya setiap 2
minggu sekali
Nama Siswa :
Kelas :
Contoh Lembar Kerja Siswa (LKS) Pada Materi Pokok Sampah Organik dan Anorganik, Serta Bagaimana Cara Memanfaatkan/Mengelola Sampah Secara Baik dan Terencana
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.