Tuesday, 20 November 2012

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 2 Pada Materi Pokok Memahami Sistem Tata Surya dan Proses Yang Terjadi Di Dalamnya

(New)Silahkan Dibaca --->
-->

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Sekolah              : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Kelas / Semester            : IX (Sembilan) / Semester II
Mata Pelajaran : IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)
Alokasi waktu    :  3 X 40’

Standar Kompetensi
              5.   Memahami sistem tata surya dan proses yang terjadi di dalamnya.

Kompetensi Dasar
5.5   Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan.

A. Tujuan Pembelajaran
        Peserta didik dapat:
1.        Menjelaskan pengertian ozon.
2.        Menjelaskan dampak dan penanggulangan berlubangnya lapisan ozon.
3.        Menjelaskan dampak penebangan hutan.
4.        Menjelaskan cara meminimalkan dampak negatif penebangan hutan.
5.        Menjelaskan pengertian desertifikasi.
6.        Menjelaskan cara menanggulangi terjadinya desertifikasi.
7.        Menjelaskan pengertian erosi.
8.        Menyebutkan faktor yang menyebabkan erosi.
9.        Menjelaskan pengertian polusi.
10.    Menyebutkan macam-macam polusi.
11.    Menjelaskan cara menanggulangi masalah polusi.
12.    Menjelaskan pengertian hujan asam.
13.    Menyebutkan penyebab terjadinya hujan asam.
14.    Menjelaskan cara menanggulangi terjadinya hujan asam.
15.    Menjelaskan pengertian pemanasan global.
16.    Menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global.
17.    Menjelaskan dampak dan penanggulangan pemanasan global.
18.    Menjelaskan pengertian El Nino dan La Nina.
19.    Menyebutkan tanda-tanda terjadinya El Nino.
20.    Menjelaskan dampak terjadinya El Nino dan La Nina.

v      Karakter siswa yang diharapkan :         Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian ( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)

B. Materi Pembelajaran
        Lapisan Ozon dan Masalah Lingkungan Hidup

C. Metode Pembelajaran1
1.  Model    :   -   Direct Instruction (DI)
                                      -   Cooperative Learning                       
   2.  Metode  :   -   Diskusi kelompok     
                           -   Ceramah
                            -   Observasi

D. Langkah-langkah Kegiatan

                                                           PERTEMUAN PERTAMA DAN KEDUA :
            a. Kegiatan Pendahuluan
·         Motivasi dan Apersepsi:
-      Bagaimana chlorofiuorocarbon (CFC )dapat merusak lapisan ozon?
-      Bagaimana cara menanggulangi efek rumah kaca? 
·         Prasyarat pengetahuan:
·       Apakah yang dimaksud dengan ozon?
·       Apakah yang dimaksud dengan efek rumah kaca?

b. Kegiatan Inti
§     Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F     melibatkan peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan belajar dari aneka sumber;
F     Menjelaskan hubungan antara proses yang terjadi di lapisan litosfer dan atmosfer dengan kesehatan dan permasalahan lingkungan
F     menggunakan beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F     memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F     melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F     memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.

§     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F     Membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F     Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan suatu percakapan
F     Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F     Memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F     Guru membimbing peserta didik dalam pembentukan kelompok,
F     masing-masing kelompok terdiri dari 3-4 siswa laki-laki dan perempuan yang berbeda kemampuannya.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian ozon.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai dampak dan penanggulangan berlubangnya lapisan ozon.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan masalah lingkungan hidup.
F     Guru membagi tugas kelompok:
-      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan penebangan hutan.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan desertifikasi.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan polusi.
-      2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan hujan asam.
·       2 kelompok diberi tugas untuk menjelaskan pengertian, dampak, dan penanggulangan efek rumah kaca.
F     Tugas kelompok diberikan 1 minggu sebelum proses pembelajaran dilaksanakan.
F     Setiap kelompok diminta melaporkan hasil pengamatannya dalam bentuk karya tulis.
F     Setiap kelompok diminta untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelompok yang lain.
F     Guru menanggapi hasil diskusi kelompok peserta didik dan memberikan informasi yang sebenarnya.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai pengertian pemanasan global.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan faktor penyebab terjadinya pemanasan global.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan mengenai dampak dan penanggulangan pemanasan global yang disampaikan oleh guru.
F     Peserta didik (dibimbing oleh guru) mendiskusikan pengertian El Nino dan
F     La Nina.
F     Perwakilan peserta didik diminta untuk menyebutkan tanda-tanda terjadinya
F     El Nino.
F     Peserta didik memperhatikan penjelasan guru mengenai dampak terjadinya
F     El Nino dan La Nina.
F     Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F     Memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F     Memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan hasil kerja individual maupun kelompok;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran, turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F     Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan yang  menumbuhkan kebanggaan dan rasa percaya diri peserta didik.


§     Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F     memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik,
F     memberikan konfirmasi terhadap hasil eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F     memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F     memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø      berfungsi sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø      membantu menyelesaikan masalah;
Ø      memberi acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø      memberi informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø      memberikan motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
F     Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
F     Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

c. Kegiatan Penutup
      Dalam kegiatan penutup, guru:
F     bersama-sama dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan  pelajaran;
F     melakukan penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara konsisten dan terprogram;
F     memberikan umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F     merencanakan kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan, layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.

E. Sumber Belajar
  a. Buku IPA Terpadu
  b. Buku referensi yang relevan
        c. Lingkungan
        


F. Penilaian Hasil Belajar     
Indikator Pencapaian Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·   Menjelaskan proses pelapukan dilapisan bumi yang berkaitan dengan masalah lingkungan
·   Menjelaskan proses pemenasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi
·   Menjelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
·   Menyadari bahayanya pengaruh negatif  proses-proses lingkungan karena ulah manusia terhadap kesehatan manusia

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis

·   Tes tertulis


·   Pemberian angket
·   Uraian

·   Uraian

·   Uraian


·   Angket
·   Jelaskan proses pelapukan di lapisan bumi?
·   Jelaskan proses pemanasan global dan pengaruhnya pada lingkungan di bumi.
·   Jelaskan pengaruh proses-proses dilingkungan terhadap kesehatan manusia
·   Angket dengan skala Likert
                          


Mengetahui,
Kepala SMPN 3 PALAS LAMPSEL




(__________________________)
NIP/NIK :.............................

…..,……………………  20 …….
Guru Mapel Ilmu Pengetahuan Alam





(_______________________)
NIP/NIK :.............................





Artikel Terkait

Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Semester 2 Pada Materi Pokok Memahami Sistem Tata Surya dan Proses Yang Terjadi Di Dalamnya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email