Friday 16 November 2012

Pengantar Umum Mata Kuliah Toksikologi Umum---Toksisitas Logam Berat (Air Raksa, Kadnium, Arsen, Selenium, Timbale, dan Lain-Lain)

(New)Silahkan Dibaca --->
-->
A. Pengantar toksisitas logam
Dalam kimia, sebuah logam (bahasa Yunani: Metallon) adalah sebuah unsur kimia yang siap membentuk ion (kation) dan memiliki ikatan logam, dan kadangkala dikatakan bahwa ia mirip dengan kation di awan electron. Logam berat (heavy metal) adalah logam dengan massa jenis lima atau lebih, dengan nomor atom 22 sampai dengan 92. (Wikipedia). Menurut Frank C. Lu, logam merupakan kelompok toksikan yang unik. Logam ini ditemukan dan menetap di alam, tetapi bentuk kimianya dapat berubah akibat pengaruh fisikokimia, biologis, atau akibat aktivitas manusia. Toksisitasnya dapat brubah drastic bila bentuk kimianya berubah.

Logam berat dianggap berbahaya bagi kesehatan bila terakumulasi secara berlebihan di dalam tubuh. Beberapa di antaranya bersifat membangkitkan kanker (karsinogen). Demikian pula dengan bahan pangan dengan kandungan logam berat tinggi dianggap tidak layak konsumsi. Kasus-kasus pencemaran lingkungan menyebabkan banyak bahan pangan mengandung logam berat berlebihan. Kasus yang populer adalah sindrom Minamata, sebagai akibat akumulasi raksa (Hg) dalam tubuh ikan konsumsi, (wikipedia).

Logam memperhatikan rentan toksisitas yang lebar. Kerja utama logam adalah menghambat enzim. Efek ini biasanya timbul akibat interaksi antara logam dengan gugus SH pada enzim tersebut. Suatu logam juga dapat dihambat oleh logam toksik melalui penggugusan kofaktor logam yang penting dari enzim. Mekanisme lain dalam mengganggu fungsi enzim adalah dengan menghambat sintesisnya(Frank C. Lu,1994).

Umumnya, efek toksik logam merupakan akibat dari reaksi antara logam dengan komponen intrasel. Untuk dapat melakukan efek toksiknya pada suatu sel, logam harusmemasuki sel. Proses masuknya melintasi membrane akan lebih mudah jika logam bersifat lipofilik. Setelah masuk kedalam sel, logam dapat mempengaruhi berbagai organel.logam-logam toksik dapat mengacaukan struktur reticulum endoplasma, dan menghambat kerja-kerja organel lain (Frank C. Lu.1994). Yang termasuk bahan yang mengandung toksisitas logam berat diantaranya : air raksa, kadnium, arsen, selenium, timbale, dan lain-lain.

Artikel Terkait

Pengantar Umum Mata Kuliah Toksikologi Umum---Toksisitas Logam Berat (Air Raksa, Kadnium, Arsen, Selenium, Timbale, dan Lain-Lain)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email