Monday, 26 November 2012

Sintaks---(Tahapan) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)

-->
Berikut ini langsung saja diterangkan sintaks yang harus menjadi pedoman guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan tipe STAD. 
Fase
Kegiatan Guru
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
Menyampaikan semua tujuan pelajaran yang ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
Fase 2
Menyajikan/menyampaikan informasi
Menyajikan informasi kepada siswa dengan jalan mendemonstrasikan atau lewat bahan bacaan
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok belajar
Menjelaskan kepada siswa bagaimana caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar melakukan transisi secara efisien
Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
Membimbing kelompok-kelompok belajar pada saat mereka mengerjakan tugas mereka
Fase 5
Evaluasi
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi yang telah diajarkan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerjanya
Fase 6
Memberikan penghargaan
Mencari cara-cara untuk menghargai baik upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok
 Tabel 1. Sintaks Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dimodifikasi dari (Ibrahim, dkk 2000)

Artikel Terkait

Sintaks---(Tahapan) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email