-->
Tabel 1. Sintaks Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dimodifikasi dari (Ibrahim,
dkk 2000)
Berikut ini langsung saja diterangkan sintaks yang harus menjadi pedoman guru dalam proses pembelajaran yang menggunakan tipe STAD.
Fase
|
Kegiatan
Guru
|
Fase 1
Menyampaikan tujuan dan memotivasi siswa
|
Menyampaikan semua tujuan pelajaran yang
ingin dicapai pada pelajaran tersebut dan memotivasi siswa belajar
|
Fase 2
Menyajikan/menyampaikan informasi
|
Menyajikan informasi kepada siswa dengan
jalan mendemonstrasikan atau lewat bahan bacaan
|
Fase 3
Mengorganisasikan siswa dalam kelompok-kelompok
belajar
|
Menjelaskan kepada siswa bagaimana
caranya membentuk kelompok belajar dan membantu setiap kelompok agar
melakukan transisi secara efisien
|
Fase 4
Membimbing kelompok bekerja dan belajar
|
Membimbing kelompok-kelompok belajar pada
saat mereka mengerjakan tugas mereka
|
Fase 5
Evaluasi
|
Mengevaluasi hasil belajar tentang materi
yang telah diajarkan atau masing-masing kelompok mempresentasikan hasil
kerjanya
|
Fase 6
Memberikan penghargaan
|
Mencari cara-cara untuk menghargai baik
upaya maupun hasil belajar individu dan kelompok
|
Sintaks---(Tahapan) Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.