RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Jenjang Sekolah : SMP Negeri 1 Natar Lampung Selatan
Mata Pelajaran : IPA Terpadu
Kelas / Semester : IX / 1
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit ( 2x Pertemuan )
Standar Kompetensi 2 :
Memahami
kelangsungan hidup pada makhluk
hidup.
Kompetensi Dasar 2.4 :
Mendeskripsikan penerapan
bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup manusia melalui produksi
pangan.
A. Tujuan Pembelajaran
1. Siswa dapat menerapkan bioteknologi dalam upaya mendukung
peningkatan produksi pangan.
2. Siswa dapat menjelaskan cara-caraapatkan bibit unggul.
3. Siswa dapat menjelaskan peran mikroorganisme dalam proses
bioteknologi pangan
4. Siswa dapat menjelaskan peranan bioteknologi dalam upaya mendukung
peningkatan produksi pangan.
v
Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Rasa hormat dan perhatian
( respect )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
B. Materi Pembelajaran
Bioteknologi pangan
C. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan : Pembelajaran Kontekstual.
2. Metode : Diskusi Informasi
3. Model Pembelajaran : Pembelajaran langsung dan pembelajaran
kooperatif
D. Langkah-langkah
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama dan kedua :
1.
Kegiatan
Pendahuluan
a. Motivasi
:
Apakah bioteknologi pangan itu ?
b. Prasyarat
Pengetahuan :
Siswa
telah memahami dampak perubahan populasi manusia.
2.
Kegiatan
Inti :
§
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi, guru:
F
melibatkan
peserta didik mencari informasi yang luas dan dalam tentang topik/tema materi
yang akan dipelajari dengan menerapkan prinsip alam takambang jadi guru dan
belajar dari aneka sumber;
F
Siswa
dapat Mendeskripsikan penerapan bioteknologi dalam mendukung kelangsungan hidup
manusia melalui produksi pangan
F
menggunakan
beragam pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, dan sumber belajar lain;
F
memfasilitasi
terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru,
lingkungan, dan sumber belajar lainnya;
F
melibatkan
peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
F
memfasilitasi
peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi, guru:
F Membiasakan peserta didik membaca dan menulis
yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F Melengkapi kalimat berdasarkan pemahaman akan
suatu percakapan
F Memfasilitasi peserta didik melalui pemberian
tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan
maupun tertulis;
F Siswa diminta diskusi tentang
1). Bioteknologi pertanian
2). Penggunaan mikroorganisme dalam pembuatan
makanan.
3). Bioteknologi
pertanian.
F Memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F Memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran
kooperatif dan kolaboratif;
F Memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F Memfasilitasi peserta didik membuat laporan
eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun
kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik untuk menyajikan
hasil kerja individual maupun kelompok;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan pameran,
turnamen, festival, serta produk yang dihasilkan;
F Memfasilitasi peserta didik melakukan kegiatan
yang menumbuhkan kebanggaan dan rasa
percaya diri peserta didik.
§
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F memberikan umpan balik positif dan penguatan
dalam bentuk lisan, tulisan, isyarat, maupun hadiah terhadap keberhasilan
peserta didik,
F memberikan konfirmasi terhadap hasil
eksplorasi dan elaborasi peserta didik melalui berbagai sumber,
F memfasilitasi peserta didik melakukan refleksi
untuk memperoleh pengalaman belajar yang telah dilakukan,
F memfasilitasi peserta didik untuk memperoleh
pengalaman yang bermakna dalam mencapai kompetensi dasar:
Ø
berfungsi
sebagai narasumber dan fasilitator dalam menjawab pertanyaan peserta didik yang
menghadapi kesulitan, dengan menggunakan bahasa yang baku dan benar;
Ø
membantu
menyelesaikan masalah;
Ø
memberi
acuan agar peserta didik dapat melakukan pengecekan hasil eksplorasi;
Ø
memberi
informasi untuk bereksplorasi lebih jauh;
Ø
memberikan
motivasi kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
3. Kegiatan Penutup
Dalam
kegiatan penutup, guru:
F
bersama-sama
dengan peserta didik dan/atau sendiri membuat rangkuman/simpulan pelajaran;
F
melakukan
penilaian dan/atau refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan secara
konsisten dan terprogram;
F
memberikan
umpan balik terhadap proses dan hasil pembelajaran;
F
merencanakan
kegiatan tindak lanjut dalam bentuk pembelajaran remedi, program pengayaan,
layanan konseling dan/atau memberikan tugas baik tugas individual maupun
kelompok sesuai dengan hasil belajar peserta didik.
E. Media Pembelajaran
Charta Tahapan Kultur
F. Sumber
Belajar
1.
Buku
IPA Terpadu
2.
Buku-buku
pelajaran IPA yang relevan.
G. Penilaian
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Teknik Penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen/
Soal
|
·
Mendefinisikan
pengetian bioteknologi
·
Mendeskripsikan
keuntungan pemanfaatan bioteknologi dalam produksi pangan
·
Mendata
produk-produk bioteknologi konvensional dan modern di lingkungan sekitarnya
·
Membuat
produk bioteknologi sederhana yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan
sehari-hari (membuat tempe, fermentasi sari buah, penanaman secara hidroponik
dan aeroponik)
|
·
Tes tertulis
·
Tes tertulis
·
Penugasan
·
Penugasan
|
·
Uraian
·
Uraian
·
Tugas proyek
·
Tugas rumah
|
·
Definisikan pengertian bioteknologi!
·
Kemukakan minimal dua keuntungan pemanfaatan
bioteknologi dalam produksi pangan!
·
Lakukanlah survey dilingkungan sekitar yang berhubungan
dengan pemanfaatan bioteknologi konvensional dan laporkan hasilnya
·
Rencanakan dan lakukan pembuatan tape (ketan atau
singkong) laporkan hasilnya
|
Mengetahui,
Kepala SMP/MTs ……………
(__________________________)
NIP/NIK :.............................
|
|
…..,…………………… 20 …….
Guru Mapel IPA
(_______________________)
NIP/NIK :.............................
|
Contoh RPP Berkarakter---IPA Terpadu SMP Kelas IX/9 Pada Materi Pokok Memahami Kelangsungan Hidup Pada Makhluk Hidup
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.