Monday 11 February 2013

Pengertian Dan Maksud Pendidikan Islam, Pendidikan Sekolah Secara Runtut

_______Pendidikan merupakan sarana terbaik untuk memperoleh ilmu sebanyak-banyaknya melalui proses pembelajaran yang diselenggarakan oleh instansi/lembaga terkait. Instansi disini yang dimasud yaitu seperti sekolah, pondok pesantren, masjid/musholah, tempat privat,dan sebagainya. Pendidikan memiliki tujuan baik  yaitu untuk memanusiakan manusia.

_______Pendidikan di Indonesia saat ini masih tergantung dari kebijakan pusat sebagai pihak awal pemandu jalannya pendidikan yang ada di daerah. Namun, secara otonomi setiap daerah harus mampu memberikan pelayanan pendidikan layak bagi tiap-tiap lembaga pendidikan, termasuk pembenahan sarana dan prasarana, hingga pembentukan kurikulum sekolah yang mantap.

_______Termasuk pendidikan islam itu sendiri yang merupakan tonggak bagi pengendalian mutu karakter peserta didik agar berakhlak mulia. Pendidikan islam didefinisikan sebagai sarana tarbiyah terbaik untuk membentuk pribadi muslim yang tangguh, militan, memiliki semangat juang tinggi, inovatif, profesional dan berkarakter (serta memiliki daya saing dengan masyarakat global). Sedangkan pendidikan disekolah merupakan pendidikan kelembagaan sekolah yang diselenggarakan berdasarkan kurikulum yang sedang berlaku, mengupayakan profesionalitas guru dalam mengajar, serta mampu mengajak siswa secara kontekstual untuk memperoleh ilmu secara mendalam dalam rangka membentuk manusia yang religius, beradab. Hal ini sesuai dengan amanat UUD 1945 (versi Amendemen), Pasal 31, ayat 3 menyebutkan, "Pemerintah mengusahakan dan menyelenggarakan satu sistem pendidikan nasional, yang meningkatkan keimanan dan ketakwaan serta ahlak mulia dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, yang diatur dengan undang-undang." Dari kedua sistem pendidikan ini masing-masing memiliki peran strategis dalam menyukseskan kehidupan berbangsa dan bernegara yang adil, makmur, dan sentosa.

Artikel Terkait

Pengertian Dan Maksud Pendidikan Islam, Pendidikan Sekolah Secara Runtut
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email