Friday 12 April 2013

Arti Pentingnya Kesehatan Untuk Hidup Lebih Baik


Oleh: Wahid Biyobe :) 
Semua manusia pasti selalu mendambakan untuk bagaimana dirinya dapat hidup dalam kondisi tubuh yang sehat dan prima, seperti ada pepatah yang menyebutkan bahwa“ Di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat“ atau disebut juga sebagai“ Mensano in korporesano“ dan ada yang lebih trend lagi yang menyebutkan bahwa Tell me what you eat and i will tell you what you are ”  yang artinya ”jelaskan kepada saya apa yang kamu makan, maka saya akan menjelaskan sesuatu, apa yang kamu mau tau dari saya”. Oleh karena itulah kesehatan yang kita miliki saat ini perlu sekali kita jaga keberadaannya.

A. Pentingnya Hidup Sehat
                                                                                                                 
Seperti yang telah di ucapkan dalam sabda rasullullah SAW, bahwa “ Nikmat yang selalu di abaikan oleh umatku adalah nikmat sehat dan waktu luang“. Inilah gambaran bahwa sungguh dahsyatnya nikmat sehat yang disampaikan oleh Rasullullah SAW. Betapa ruginya apabila seseorang menyia-nyiakan nikmat sehatnya untuk hal-hal yang tidak bermanfaat.

Kesehatan merupakan hal yang penting dan menjadi indikator bahwa seseorang tersebut dapat dibedakan apakah dia sedang sehat atau justru sedang sakit. Dengan adanya indikator ini akan menunjukkan dengan pasti pada bagian-bagian yang mana pada tubuh manusia yang dianggap sakit/sedang terinfeksi oleh beberapa jenis mikroorganisme patogen tertentu dan untuk mengetahui sudah sejauh mana tubuh manusia tersebut dianggap sehat bugar dan tanpa penyakit sedikit pun. Semua itu bisa kita lihat dari kondisi psikis dan biologis seseorang.

Perhatian terhadap beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan kita perlu sekali kiranya kita pandang cukup jauh, agar kita terus berfikir ke depan untuk bagaimana semua kesehatan yang menunjang kehidupan ini dapat kita miliki tanpa adanya kekurangan yang berarti.

Budaya hidup sehat terutama perlu kita biasakan sejak dini hingga dewasa, dan tua nantinya. Budaya hidup sehat memberikan kontribusi nyata terhadap perkembangan kesehatan kita yang tiada batasnya dan sekaligus mencerminkan kebisaan-kebiasaan seseorang dalam menjaga kesehatan tubuhnya. Misalkan diambil contoh seseorang yang terbiasa mengkonsumsi makanan berserat dan kaya zat gizi setiap usai olahraga tenis lapangan. Maka sebenarnya itulah zat-zat gizi yang digunakan tubuh untuk menjalankan usaha/gerak seseorang. Kesehatan sangatlah mahal harganya.

Artikel Terkait

Arti Pentingnya Kesehatan Untuk Hidup Lebih Baik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email