RANGKUMAN: Berikut ini disajikan tabel indikator penting keterampilan proses sains (KPS) oleh siswa:
KPS
|
Indikator
|
Melakukan pengamatan
(observasi)
|
·
Mengidentifikasi ciri-ciri suatu benda
· Mengidentifikasi persamaan dan perbedaan yang nyata pada
objek atau peristiwa
·
Membaca alat ukur
·
Mencocokkan gambar dengan uraian tulisan / benda
|
Menafsirkan pengamatan
(interpretasi)
|
·
Mengidentifikasi fakta-fakta berdasarkan hasil pengamatan
·
Menafsirkan fakta atau data menjadi suatu penjelasn yang
logis
|
Mengelompokkan
(klasifikasi)
|
·
Mencari perbedaan atau persamaan, mengontraskan ciri-ciri,
membandingkan dan mencari dasar penggolongan.
|
Meramalkan
(prediksi)
|
·
Mengajukan perkiraan tentang sesuatu yang belum terjadi
berdasarkan suatu kecendrungan/ pola yang sudah ada.
|
Berkomunikasi
|
·
Mengutarakan suatu gagasan
· Menjelaskan
penggunaan data hasil penginderaan secara akurat suatu objek atau kejadian
·
Mengubah data dalam bentuk tabel kedalam bentuk lainnya
misalnya grafik, peta secara akurat.
|
Berhipotesis
|
·
Hipotesis merupakan dugaan sementara tentang pengaruh
variabel amnipulasi terhadp vriabel respon. Hipotesis menyatakan penggambaran
yang logis dari suatu hubungan yang dapat diuji melalui eksperimen.
|
Merencanakan
percobaan/ penyelidikan
|
·
Menentukan alat dan bahan, menentukan variabel atau peubah
yang terlibat dalam suatu percobaan, menentukan variabel terikat dan variabel
bebas, menentukan apa yang diamati, di ukur/ ditulis, serta menentukan cara
dan langkah kerja termasuk keterampilan merencanakan penelitian.
|
Menerapkan
sub konsep/ prinsip
|
·
Menggunakan subkonsep yang telah dipelajari dalam situasi
baru, menggunakan subkonsep pada pengalaman baru untuk menjalaskan apa yang
sedang terjadi.
|
INDIKATOR PENTING KETERAMPILAN PROSES SAINS (KPS) OLEH SISWA PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.