Friday, 23 May 2014

Contoh Lembar Observasi Aktivitas Kerjasama Siswa

a)      Lembar Observasi Aktivitas Kerjasama Siswa 
Lembar observasi  aktivitas kerjasama siswa berisi aspek kegiatan yang diamati  pada saat proses pembelajaran di kedua kelas (kelas yang dijadikan penelitian; kelas kontrol dan eksperimen).  Setiap siswa diamati poin kegiatan yang dilakukan dengan cara  memberi tanda (√ ) pada lembar observasi sesuai dengan aspek yang telah ditentukan.
Tabel 1.  Lembar observasi aktivitas kerjasama siswa.

No

Nama
Siswa
                            Skor Aspek Aktivitas Kerjasama Siswa
       A
        B
       C
       D
0
1
2
0
1
2
0
1
2
0
1
2
1













2













3













4













Dst













Jumlah Skor












Skor Maksimum












Persentase












Kriteria












                

Keterangan dan Kriteria Aspek Aktivitas Kerjasama Siswa:
A.    Mengemukakan ide/gagasan berdasarkan permasalahan yang ada pada LKS dengan kriteria:
            0.        Tidak mengemukakan ide/gagasan (diam saja).
1.      Mengemukakan ide/gagasan namun tidak sesuai dengan  pembahasan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
2.      Mengemukakan ide/gagasan sesuai dengan pembahasan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
B.     Bertukar informasi 
0.        Tidak berkomunikasi secara lisan/tulisan  dalam bertukar  pendapat dengan anggota kelompok (diam saja).
1.      Berkomunikasi secara lisan/tulisan  dengan anggota kelompok tetapi tidak sesuai dengan permasalahan pada materi pokok sistem pencernaan manusia dalam LKS.
2.      Berkomunikasi secara lisan/tulisan dalam bertukar pendapat  untuk memecahkan permasalahan pada LKS pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
C.     Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
0.        Siswa dalam kelompok  kurang dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok  secara sistematis dan tidak dapat menjawab pertanyaan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
1.      Siswa dalam kelompok kurang dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok  dengan secara sistematis dan menjawab pertanyaan dengan benar atau dapat mempresentasikan hasil diskusi secara sistematis tetapi tidak dapat menjawab pertanyaan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
2.      Siswa dalam kelompok dapat mempresentasikan hasil diskusi secara sistematis dan menjawab pertanyaan dengan benar pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
D.    Mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain
0.   Tidak mengajukan pertanyaan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
1.      Mengajukan pertanyaan, tetapi tidak mengarah pada permasalahan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.

2.      Mengajukan pertanyaan yang mengarah dan sesuai dengan permasalahan pada materi pokok sistem pencernaan manusia

Artikel Terkait

Contoh Lembar Observasi Aktivitas Kerjasama Siswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email