a)
Lembar Observasi Aktivitas Kerjasama Siswa
Lembar
observasi aktivitas kerjasama siswa
berisi aspek kegiatan yang diamati pada
saat proses pembelajaran di kedua kelas (kelas yang dijadikan penelitian; kelas kontrol dan eksperimen).
Setiap siswa diamati poin kegiatan yang dilakukan dengan cara memberi tanda (√ ) pada lembar observasi
sesuai dengan aspek yang telah ditentukan.
Tabel 1. Lembar observasi aktivitas kerjasama siswa.
No
|
Nama
Siswa |
Skor
Aspek Aktivitas Kerjasama Siswa
|
|||||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
||||||||||
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
0
|
1
|
2
|
||
1
|
|||||||||||||
2
|
|||||||||||||
3
|
|||||||||||||
4
|
|||||||||||||
Dst
|
|||||||||||||
Jumlah
Skor
|
|||||||||||||
Skor
Maksimum
|
|||||||||||||
Persentase
|
|||||||||||||
Kriteria
|
Keterangan dan Kriteria Aspek Aktivitas Kerjasama Siswa:
A.
Mengemukakan
ide/gagasan berdasarkan permasalahan yang ada pada LKS dengan kriteria:
0.
Tidak
mengemukakan ide/gagasan (diam saja).
1.
Mengemukakan
ide/gagasan namun tidak sesuai dengan
pembahasan pada materi pokok sistem pencernaan
manusia.
2.
Mengemukakan
ide/gagasan
sesuai dengan pembahasan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
B.
Bertukar informasi
0.
Tidak berkomunikasi secara
lisan/tulisan dalam bertukar pendapat dengan anggota kelompok (diam saja).
1.
Berkomunikasi secara lisan/tulisan dengan anggota kelompok tetapi tidak sesuai
dengan permasalahan pada materi pokok sistem pencernaan manusia dalam LKS.
2.
Berkomunikasi secara lisan/tulisan dalam
bertukar pendapat untuk memecahkan
permasalahan pada LKS pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
C.
Mempresentasikan hasil diskusi
kelompok
0.
Siswa
dalam kelompok kurang dapat
mempresentasikan hasil diskusi kelompok
secara sistematis dan tidak dapat menjawab pertanyaan
pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
1.
Siswa
dalam kelompok kurang dapat mempresentasikan hasil diskusi kelompok dengan secara sistematis dan menjawab
pertanyaan dengan benar atau dapat mempresentasikan hasil diskusi secara
sistematis tetapi tidak dapat menjawab pertanyaan pada materi
pokok sistem pencernaan manusia.
2.
Siswa
dalam kelompok dapat mempresentasikan hasil diskusi secara sistematis dan menjawab
pertanyaan dengan benar pada materi pokok sistem pencernaan
manusia.
D.
Mengajukan pertanyaan kepada kelompok lain
0.
Tidak mengajukan pertanyaan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
1.
Mengajukan pertanyaan, tetapi tidak
mengarah pada permasalahan pada materi pokok sistem pencernaan manusia.
2.
Mengajukan pertanyaan yang mengarah dan
sesuai dengan permasalahan pada materi pokok
sistem pencernaan manusia
Contoh Lembar Observasi Aktivitas Kerjasama Siswa
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.