a.
Kemampuan
Berpikir Kritis (KBK) oleh Siswa
1) Memberi
skor sesuai rubrik penilaian KBK, lalu memasukkan ke dalam Tabel berikut ini:
Tabel 1. Lembar penilaian kemampuan berpikir kritis
oleh siswa.
No.
Urut Siswa
|
Skor
pada Aspek KBK
|
|||||||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
||||||
No. soal
|
No. soal
|
No. soal
|
No. soal
|
No. soal
|
No. soal
|
No. Soal
|
No. soal
|
No. soal
|
No.
soal
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
dst.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
R
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
N
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
S
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Kriteria
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Aspek KBK:
A = merumuskan
suatu masalah; B = berhipotesis;
C = menginterpretasi
pernyataan; D = memberi alasan dari
suatu kejadian; E = memberi solusi yang
tepat dari suatu masalah
1) Menjumlahkan
skor (R) setiap siswa.
2)
Menentukan nilai (S) pada setiap indikator kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan rumus: S = R dibagi N dikali 100
Keterangan:
S = Nilai KBK yang
diharapkan (dicari); R = Jumlah skor KBK yang diperoleh; N
= Jumlah skor KBK maksimum (dimodifikasi dari
Purwanto, 2008:112).
3) Setelah
data diolah dan diperoleh nilainya,
maka kemampuan berpikir kritis oleh siswa tersebut dapat dilihat dari kriteria
sebagai berikut.
Tabel 2. Kriteria kemampuan berpikir kritis (KBK) oleh siswa dan analisis butir soal.
Nilai
|
Kriteria
|
71 –
100
31 –
70
0 – 30
|
Tinggi
Sedang
Rendah
|
Contoh Lembar Penilaian Kemampuan Berpikir Kritis (KBK) oleh Siswa
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.