Friday, 23 May 2014

Jenjang dan Evaluasi Hasil Belajar Menurut Bloom: Kognitif, Afektif dan Psikomotorik

Daryanto (2010: 100) ada tiga ranah yang menjadi sasaran dalam evaluasi hasil belajar yaitu “ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor”.  Lebih lanjut Daryanto juga menjelaskan bahwa aspek kognitif dibedakan atas enam jenjang diantaranya: pengetahuan (knowledge), pemahaman (comprehension), penerapan (aplication), analisis (analysis), sintesis (syntesis), dan evaluasi penilaian (evaluation). Sementara itu, evaluasi hasil belajar yang dikembangkan oleh Bloom meliputi ranah kognitif, afektif dan psikomotorik sebagai berikut:
Taksonomi Bloom
Penjelasan
C1 (Pengetahuan/Knowledge)
Pengetahuan mencakup kemampuan mengenali, mengetahui dan mengingat hal-hal yang telah dipelajari dan tesimpan dalam ingatan. Pengetahuan berkenaan dengan fakta atau istilah-istilah, peristiwa, pengertian, kaidah, teori dan metode
C2 (Pemahaman/Comprehension)
Pemahaman mencakup kemampuan untuk menyerap pengertian dari hal-hal yang telah dipelajari.
Kemampuan memahami terdiri dari 3 tingkatan, yaitu:
1.                1. Menerjemahkan adalah kemampuan merubah konsepsi abstrak menjadi suatu model simbolik untuk mempermudah orang memahaminya.
2.                2. Mengintepretasikan adalah kemampuan mengenal dan memahami ide utama suatu komunikasi, seperti gambar-gambar, diagram, tabel, dan grafik.
3.                         3. Mengeksplorasi adalah kemampuan menafsirkan, menarik kesimpulan berdasarkan hasil terjemahan dan interpretasi.
C3 (Penerapan/Aplication)
Penerapan merupakan kemampuan menerapkan pengetahuan yang telah diperoleh dalam kegiatan pembelajran untuk menghadapi situasi baru yang ada dalam kehidupan sehari-hari.
C4 (Analisis/Analysis)
Analisis merupakan upaya memisahkan suatu kesatuan mejadi komponen-komponen/unsur-unsur bagian, sehingga jelas hiearkinya/eksplisit unsur-unsurnya, meliputi unsur-unsur, analisis hubungan dan analisis prinsip yang terorganisir.
C5 (Sintesis/Syntesis)
Sintesis adalah kemampuan menyatukan unsur-unsur atau bagian menjadi satu kesatuan yang menyeluruh. Sintesis selalu menyatukan unsur-unsur baru, sehingga menyatukan unsur-unsur dari hasil analisis tidak dapat disebut sintesis.
C6 (Evaluasi/Evaluation)
Evaluasi merupakan kemampuan memberi keputusan tentang nilai sesuatu yang ditetapkan dengan sudut pandang tertentu, misalnya sudut pandang tujuan, metode dan materi.




Artikel Terkait

Jenjang dan Evaluasi Hasil Belajar Menurut Bloom: Kognitif, Afektif dan Psikomotorik
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email