ABSTRAK
Author: Suliana
Dosen Pembimbing: Pramudiyanti , Berti Yolida
This research aims to determine cooperation quality using group discussion methode. The research design was simple descriptive. The subjects were students of VIII B and VIII E SMP Negeri 2 Jati Agung Lampung Selatan. The datas class randomly selected by cluster random sampling technique. The research data was qualitative data obtained from students cooperation quality. Data analyzed using simple statistic which was descriptive persentage. The results showed that cooperation quality of VIII B class increased with average 62.50% of good criteria, 15.28% of very good criteria, and 11.12% of not good criteria. The of class VIII E with average 56.95% of good criteria, 23.62% of very good criteria, and 13.89% of not good criteria. All of cooperation quality indicator at first and second meeting have good criteria. Therefore, the cooperation quality have good criteria in learning with discussion methode.
Penelitian ini bertujuan mengetahui kualitas kerjasama menggunakan metode diskusi kelompok. Desain penelitian ini deskriptif sederhana. Subyek penelitian adalah siswa kelas VIII B dan VIII E SMP Negeri 2 Jati Agung, Lampung Selatan. Data dipilih secara acak dengan teknik clusster random sampling. Data penelitian berupa data kualitatif berupa kualitas kerjasama siswa. Data dianalisis menggunakan statistik sederhana yakni deskriptif persentase. Hasil penelitian kualitas kerjasama mengalami peningkatan pada kelas VIII B dengan rata-rata 62,50 % berkriteria baik, 15,28 % berkriteria sangat baik, dan 11,12 berkriteria kurang baik. Pada kelas VIII E dengan rata-rata sebanyak 56,95% berkriteria baik, 23,62 % berkriteria sangat baik dan 13,89 % kurang baik. Seluruh indikator kualitas kerjasama pada pertemuan pertama dan pertemuan kedua berkriteria baik. Jadi, kualitas kerjasama berkriteria baik pada pembelajaran menggunakan metode diskusi.
Kata kunci: kualitas kerjasama, metode diskusi, pertumbuhan dan perkembangan makhluk hidup
References:
Arsyad. 2007. Media Pengajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Attayaya. 2010. Kelompok belajar bersama. (Online) (http://www.attayaya.net/2010/01/kelompok-belajar-bersama. html, diakses: 28 november 2012 : 10.15 PM)
Djunaedi, A. 2001. Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Kasmadi, H. 1990. Taktik Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Rudhia, A. 2007. Kualitas Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Materi PokokSistem Pencernaan Makanan. Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sardiman, A. S., R. Raharjo., Haryono., dan Rardjito. 2007. Media Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, W. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sudjana. 2005. Metoda statistika. Bandung: Tarsito.
Sukardi. 2003.Metodologi penelitian pendidikan. Yogyakarta: Bumi aksara.
Suryosubroto. B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Widodo,W. 2007.Tinjauan tentang keterampilan generic.(Online) (http://www.ed.uiuc.edu./EPS/PES-Yearbook/998/thompson.html, diakses:1 desember 2012: 01.30 pm)
KEMAMPUAN KERJASAMA SISWA MENGGUNAKAN METODE DISKUSI DENGAN MEDIA GAMBAR
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.