Joyce dan Weil menerangkan kerangka
konsep terkait strategi tindakan yang menggunakan model examples non examples,
sebagai berikut:
a. Menggeneralisasikan pasangan antara contoh dan non-contoh yang
menjelaskan beberapa dari sebagian besar karakter atau atribut dari konsep
baru. Menyajikan itu dalam satu waktu dan meminta siswa untuk memikirkan
perbedaan apa yang terdapat pada dua daftar tersebut. Selama siswa memikirkan
tentang tiap examples dan non-examples tersebut, tanyakanlah pada
mereka apa yang membuat kedua daftar itu berbeda.
b. Menyiapkan examples dan non examples tambahan,
mengenai konsep yang lebih spesifik untuk mendorong siswa mengecek hipotesis
yang telah dibuatnya sehingga mampu memahami konsep yang baru.
c. Meminta siswa untuk bekerja berpasangan untuk menggeneralisasikan
konsep examples dan non-examples mereka. Setelah itu meminta tiap
pasangan untuk menginformasikan di kelas untuk mendiskusikannya secara klasikal
sehingga tiap siswa dapat memberikan umpan balik.
d.
Sebagai bagian
penutup, adalah meminta siswa untuk mendeskripsikan konsep yang telah diperoleh
dengan menggunakan karakter yang telah didapat dari examples dan non-examples.
Konsep Strategi Tindakan Dalam Model Pembelajaran Examples Non Examples (ENE)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.