Pembelajaran
examples non examples berorientasi
pada pembelajaran kooperatif atau cooperative
learning. Model pembelajaran examples
non examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai
media pembelajaran. Penggunaan media gambar ini disusun dan
dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk
diskripsi singkat mengenai apa yang ada di dalam gambar. Penggunaan model pembelajaran
examples non examples ini lebih
menekankan pada konteks analisis siswa. Biasanya model ini lebih dominan
digunakan di kelas tinggi, namun dapat juga digunakan di kelas rendah dengan
menekankan aspek psikologis dan tingkat perkembangan siswa kelas rendah
seperti: a) kemampuan berbahasa tulis dan lisan, b) kemampuan analisis ringan,
dan kemampuan berinteraksi dengan siswa lainnya (Santoso, 2011: 1). Selain
itu, Santoso (2011: 1)
mengungkapkan bahwa model pembelajaran examples
non examples menggunakan gambar dapat melalui OHP, proyektor, ataupun yang
paling sederhana adalah poster. Gambar yang kita gunakan haruslah jelas dan
kelihatan dari jarak jauh, sehingga anak yang berada di belakang dapat juga
melihat dengan jelas.
Menurut Widodo (2009: 1), model pembelajaran examples non examples menggunakan contoh yang didapat dari
kasus/gambar yang tentunya relevan dengan Kompetensi Dasar/KD. Sedangkan,
langkah-langkah
pembelajarannya adalah sebagai berikut :
1. Siswa dibagi menjadi beberapa
kelompok, masing-masing kelompok terdiri tiga sampai empat orang siswa.
- Guru mempersiapkan
gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran/KD.
- Guru menempelkan
gambar di papan tulis, ditayangkan melalui OHP atau LCD proyektor melalui
komputer/laptop.
- Guru memberi
petunjuk dan memberi kesempatan kepada para siswa untuk
memperhatikan dan menganalisa gambar.
- Melalui diskusi
kelompok tiga sampai empat orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar
tersebut dicatat pada kertas/lembar kerja.
- Tiap kelompok
diberi kesempatan membacakan lembar kerja/hasil diskusinya.
- Mulai dari
komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan
tujuan yang ingin dicapai.
- Kesimpulan.
Pembelajaran Examples Non Examples: Pengertian dan Sintaks/Langkah Pembelajaran
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.