Monday, 19 May 2014

Pembelajaran Examples Non Examples: Pengertian dan Sintaks/Langkah Pembelajaran

Pembelajaran examples non examples berorientasi pada pembelajaran kooperatif atau cooperative learning. Model pembelajaran examples non examples merupakan model pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Penggunaan media gambar ini disusun dan dirancang agar anak dapat menganalisis gambar tersebut menjadi sebuah bentuk diskripsi singkat mengenai apa yang ada di dalam gambar. Penggunaan model pembelajaran examples non examples ini lebih menekankan pada konteks analisis siswa. Biasanya model ini lebih dominan digunakan di kelas tinggi, namun dapat juga digunakan di kelas rendah dengan menekankan aspek psikologis dan tingkat perkembangan siswa kelas rendah seperti: a) kemampuan berbahasa tulis dan lisan, b) kemampuan analisis ringan, dan kemampuan berinteraksi dengan siswa lainnya (Santoso, 2011: 1). Selain itu, Santoso (2011: 1) mengungkapkan bahwa model pembelajaran examples non examples menggunakan gambar dapat melalui OHP, proyektor, ataupun yang paling sederhana adalah poster. Gambar yang kita gunakan haruslah jelas dan kelihatan dari jarak jauh, sehingga anak yang berada di belakang dapat juga melihat dengan jelas.

Menurut Widodo (2009: 1), model pembelajaran examples non examples   menggunakan contoh yang didapat dari kasus/gambar yang tentunya relevan dengan Kompetensi Dasar/KD. Sedangkan, langkah-langkah pembelajarannya adalah sebagai berikut :
            1.      Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok, masing-masing kelompok terdiri tiga sampai empat orang siswa.
  1. Guru mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran/KD.
  2. Guru menempelkan gambar di papan tulis, ditayangkan melalui OHP atau LCD proyektor melalui komputer/laptop.
  3. Guru memberi petunjuk dan memberi kesempatan kepada para  siswa untuk memperhatikan dan menganalisa gambar.
  4. Melalui diskusi kelompok tiga sampai empat orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut dicatat pada kertas/lembar kerja.
  5. Tiap kelompok diberi kesempatan membacakan lembar kerja/hasil diskusinya.
  6. Mulai dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai.
  7. Kesimpulan.
Kelompok dengan nilai tertinggi diberi reward (misal tanda bintang pada lembar kerja) lalu ditempel di dinding kelas.

Artikel Terkait

Pembelajaran Examples Non Examples: Pengertian dan Sintaks/Langkah Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email