Friday, 23 May 2014

Tabel Kemampuan dan Indikator Berpikir Kritis Siswa Menurut Ennis (2011)

Kemampuan berpikir kritis menurut Ennis (2011) mencakup kemampuan memberikan penjelasan dasar, membangun keterampilan dasar, menyimpulkan, membuat penjelasan lebih lanjut serta mengatur strategi dan taktik, selanjutnya dijelaskan menjadi aspek-aspek agar lebih terperinci sesuai tabel berikut ini.
                     Tabel Kemampuan dan Indikator Berpikir Kritis:
Kemampuan Berpikir Kritis
Sub Kemampuan Berpikir Kritis
Aspek
1.      Memberikan penjelasan dasar
1.      Memfokuskan pertanyaan
a.       Mengidentifikasi atau memformulasikan suatu masalah
b.      Mengidentifikasi atau memformulasikan kriteria jawaban yang mungkin
c.       Menjaga pikiran terhadap situasi yang sedang dihadapi
2.      Menganalisis argument
a.       Mengidentifikasi kesimpulan
b.      Mengidentifikasi alasan yang dinyatakan
c.       Mengidentifikasi alasan yang tidak dinyatakan
d.      Mencari persamaan dan perbedaan
e.       Mengidentifikasi dan menangani ketidakrelevanan
f.       Mencari struktur dari sebuahpendapat/argumen
g.      Meringkas
3.      Bertanya dan menjawab pertanyaan klarifikasi dan pertanyaan yang menantang
a.       Mengapa?
b.      Apa yang menjadi alasan utama?
c.       Apa yang kamu maksud dengan?
d.      Apa yang menjadi contoh?
e.       Apa yang bukan contoh?
f.       Bagaimana mengaplikasikan kasus tersebut?
g.      Apa yang menjadikan perbedaannya?
h.      Apa faktanya?
i.        Apakah ini yang kamu katakan?
j.        Apalagi yang akan kamu katakan tentang itu?
2.      Membangun keterampilandasar
4.      Mempertimbangkan apakah sumber dapat dipercaya atau tidak
a.       Keahlian
b.      Mengurangi konflik interest
c.       Kesepakatan antar sumber
d.      Reputasi
e.       Menggunakan prosedur yang ada
f.       Mengetahui resiko
g.      Keterampilan memberikan alasan
h.      Kebiasaan berhati-hati
5.      Mengobservasi dan mempertimbangkan hasil observasi
a.       Mengurangi praduga/menyangka
b.      mempersingkat waktu antara observasi dengan laporan
c.       Laporan dilakukan oleh pengamat sendiri
d.      Mencatat hal-hal yang sangat diperlukan
e.       Penguatan
f.       Kemungkinan dalam penguatan
g.      Kondisi akses yang baik
h.      Kompeten dalam menggunakan teknologi
i.        Kepuasan pengamat atas kredibilitas kriteria
3.      Menyimpulkan
6.      Mendeduksi dan mempertimbangkan deduksi
a.       Kelas logika
b.      Mengkondisikan logika
c.       Menginterpretasikan pernyataan
7.      Menginduksi dan mempertimbangkan hasil induksi
a.       Menggeneralisasi
b.      Berhipotesis
8.      Membuat dan mengkaji nilai-nilai hasil pertimbangan
a.       Latar belakang fakta
b.      Konsekuensi
c.       Mengaplikasikan konsep (prinsip-prinsip, hukum dan asas)
d.      Mempertimbangkan alternatif
e.       Menyeimbangkan, menimbang dan memutuskan
4.      Membuat penjelasan lebih lanjut
9.      Mendefinisikan istilah dan mempertimbangkan definisi
Ada 3 dimensi:
a.       Bentuk: sinonim, klarifikasi, rentang, ekspresi yang sama, operasional, contoh dan noncontoh
b.      Strategi definisi
c.       Konten (isi)
10.  Mengidentifikasi asumsi
a.       Alasan yang tidak dinyatakan
b.      Asumsi yang diperlukan: rekonstruksi argumen

5.      Strategi dan taktik

11.  Memutuskan suatu tindakan



a.       Mendefinisikan masalah
b.      Memilih kriteria yang mungkin sebagai solusi permasalahan
c.       Merumuskan alternatif-alternatif untuk solusi
d.      Memutuskan hal-hal yang akan dilakukan
e.       Me-review
f.       Memonitor implementasi
12.  Berinteraksi dengan orang lain
a.       Memberi label
b.      Strategi logis
c.       Strategi retorik
d.      Mempresentasikan suatu posisi, baik lisan atau tulisan

Artikel Terkait

Tabel Kemampuan dan Indikator Berpikir Kritis Siswa Menurut Ennis (2011)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email