Monday 29 September 2014

Kencing Nanah: Penyebab Utama, Tanda-Tanda dan Cara Pencegahannya

Kencing nanah atau yang biasa disebut penyakit Gonorhoe merupakan jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) yang bisa saja menginfeksi semua orang akibat hubungan seksual yang tidak sehat, hubungan seksual di luar nikah, atau seorang suami yang sering jajan di luar kemudian penyakit ini diinfeksikannya kepada istrinya yang sehat.  (INGAT: dilarang berhubungan seksual di luar nikah, hukumnya haram, berdosa).



Penyakit kencing nanah ini disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorhoeae yang menginfeksi lapisan dalam uretra/saluran kencing pada pria, juga pada wanita bisa menginfeksi leher rahim. Bahkan lebih parahnya lagi, penyakit ini dapat memberi komplikasi lain seperti infkesi menyebar pada saluran indung telur, bahkan uterus dan rahim.

Tidak hanya menyerang pada organ kelamin wanita dan pria saja, akan tetapi penyakit kencing nanah ini dapat menyebar melalui pembuluh darah sehingga dapat merusak organ tubuh lainnya termasuk otak sehingga dapat menyebabkan kematian. Ini terjadi karena bakteri Neisseria gonorhoeae dapat merusak,menyerang sel-T-Helper pada sel darah putih manusia, dimana sel T-helper ini merupakan sistem pertahanan tubuh pada manusia, pembentuk antibodi alami dalam tubuh.

Penyakit kencing nanah dapat menyerang pria maupun wanita. Pada Pria Gejalanya berawal sebagai rasa tidak enak pada uretra dan beberapa jam kemudian diikuti oleh nyeri ketika buang air kecil serta keluarnya nanah dari lubang penis (uretra). Sedangkan pada wanita, gejala awal biasanya timbul dalam waktu 7-21 hari setelah terinfeksi. Penderita seringkali tidak merasakan gejala selama beberapa minggu atau bulan. Namun, akhirnya timbul gejala, biasanya bersifat ringan. Tetapi beberapa penderita menunjukkan gejala yang berat, seperti desakan untuk buang air kecil, nyeri ketika buang air kecil, keluarnya nanah dari vagina, dan demam, bahkan pusing dan komplikasi lain seperti diare, nafsu makan berkurang. Infeksi ini dapat menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretra, serta menyebabkan nyeri pinggul yang dalam ketika berhubungan seksual.


Untuk menghindari dari penyakit kencing nanah, salah satu caranya yaitu menghindari hubungan seksual di luar nikah. Sebab, kita tidak tahu partner seks kita itu sehat atau tidak. Selain itu, menjaga kebersihan organ-organ kelamin sangat penting seperti membilas atau membersihkan ujung penis atau rongga vagina setelah buang air kencing. Dengan cara ini kita sudah melakukan proteksi terhadap penyakit menular seksual (PMS). Jika anda sudah mendapatkan informasi ini, harap disebar kepada rekan anda yang lain. Dengan begitu, anda sudah menolong rekan anda yang belum mengetahui akan bahayanya penyakit kencing nanah. Salam sehat !

Artikel Terkait

Kencing Nanah: Penyebab Utama, Tanda-Tanda dan Cara Pencegahannya
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email