Monday, 20 October 2014

Indikator Relevan Penunjang Keberhasilan Proses Pembelajaran

Dalam setiap aktivitas motoris terkandung aktivitas mental disertai oleh perasaan tertentu dan pada setiap pelajaran terdapat berbagai aktivitas yang dapat diupayakan. Menurut Memes (2007:38), terdapat beberapa indikator yang relevan dalam pembelajaran, yang meliputi:
1.      Interaksi siswa dalam mengikuti pembelajaran
2.      Kecakapan komunikasi siswa selama mengikuti proses belajar mengajar.
3.      Partisipasi siswa dalam proses belajar
4.      Motivasi dan kegairahan siswa dalam mengikuti proses belajar mengajar
5.      Interaksi antar siswa selama proses belajar mengajar.
6.      Interaksi siswa dengan guru selama proses belajar mengajar.


Seseorang dikatakan aktif belajar jika dalam belajarnya mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan tujuan belajarnya, memberi tanggapan terhadap suatu peristiwa yang terjadi dan  mengalami atau turut merasakan sesuatu dalam proses belajarnya. Dengan melakukan banyak aktivitas yang sesuai dengan pembelajaran, maka siswa mampu mengalami, memahami, mengingat dan mengaplikasikan materi yang telah diajarkan. Adanya peningkatan aktivitas belajar maka akan meningkatkan hasil belajar (Hamalik, 2004:12).

Artikel Terkait

Indikator Relevan Penunjang Keberhasilan Proses Pembelajaran
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email