Dalam setiap aktivitas motoris terkandung aktivitas mental disertai oleh
perasaan tertentu dan pada setiap pelajaran terdapat berbagai aktivitas yang
dapat diupayakan. Menurut Memes (2007:38), terdapat beberapa indikator yang
relevan dalam pembelajaran, yang meliputi:
1.
Interaksi siswa dalam mengikuti
pembelajaran
2.
Kecakapan komunikasi siswa
selama mengikuti proses belajar mengajar.
3.
Partisipasi siswa dalam proses
belajar
4.
Motivasi dan kegairahan siswa
dalam mengikuti proses belajar mengajar
5.
Interaksi antar siswa selama
proses belajar mengajar.
6.
Interaksi siswa dengan guru selama proses belajar
mengajar.
Seseorang dikatakan aktif belajar jika dalam belajarnya mengerjakan
sesuatu yang sesuai dengan tujuan belajarnya, memberi tanggapan terhadap suatu
peristiwa yang terjadi dan mengalami
atau turut merasakan sesuatu dalam proses belajarnya. Dengan melakukan banyak
aktivitas yang sesuai dengan pembelajaran, maka siswa mampu mengalami,
memahami, mengingat dan mengaplikasikan materi yang telah diajarkan. Adanya
peningkatan aktivitas belajar maka akan meningkatkan hasil belajar (Hamalik,
2004:12).
Indikator Relevan Penunjang Keberhasilan Proses Pembelajaran
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.