Tuesday 21 October 2014

Tahapan Perkembangan Batang



Perkembangan Batang

Pada batang, pertumbuhan primer ditandai oleh pemanjangan dan pelebaran aksis di bawah meristem apikal. Meristem apikal terdapat pada ujung batang, cabang, dan akar serta menyusun suatu bangunan yang disebut titik tumbuh. Titik tumbuh merupakan daerah awal pembelahan dan pertumbuhan yang mengarah pada pembentukan jaringan di belakangnya.

Pada tahun 1924, Schmidt membagi  daerah apeks pada angiospermae menjadi dua bagian utama, yaitu tunika dan korpus. Tunika merupakan lapisan luar yang memilki sifat pembelahan sel antiklinal, yaitu tegak lurus terhadap permukaan, yang mengakibatkan peningkatan luas permukaan dan sedikit penambahan kedalaman batang tumbuhan. Sedangkan korpus merupakan daerah di bagian bawah tunika. Sel-selnya membelah ke segala arah sehingga meningkatkan volume jaringan. Apabila dilihat di bawah mikroskop, tunika berwarna lebih terang dibandingkan dengan korpus. Pertumbuhan dan perkembangan tunika dan korpus membentuk suatu titik tumbuh yang mengakibatkan batang tumbuh memanjang.

Sel apeks yang terletak di bagian tengah pada tunika dan korpus (apeks sentral) terkadang lebih besar dengan vakuola yang berukuran besar pula. Daerah ini merupakan meristem rusuk yang membentuk deretan sel yang pada tahap lanjut menjadi empulur. Daerah sentral tersebut dikelilingi oleh meristem perifer (meristem sisi) yang akan menghasilkan prokambium, kawasan korteks, dan bakal daun. Pada jarak yang lebih jauh dari apeks,organogenesis (misalnya pembentukan bakal daun) dan histogenesis (diferensiasi jaringan) menjadi lebih menonjol. Daerah perifer akan menghasilkan bakal daun, epidermis, korteks, dan jaringan pembuluh. Dengan demikian, makin jauh dari meristem apeks, ketiga macam meristem jariingan, yaitu system epidermal, system pembuluh, dan system jaringan dasar akan terdiferensiasi. Mula-mula dibentuk protoderm, prokambium, dan meristem dasar kemudian menjadi jaringan dewasa.




Sumber referensi:


Hasnunidah, Neni. 2010. Buku Ajar. Fisiologi Tumbuhan. Universitas Lampung :
      Bandar Lampung




Artikel Terkait

Tahapan Perkembangan Batang
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email