Penguasaan materi
merupakan hasil belajar dari ranah kognitif. Menurut Sudijono (2008: 50-52),
ranah kognitif terdiri dari 6 jenis perilaku sebagai berikut:
1. Pengetahuan
(knowledge) adalah kemampuan
seseorang untuk mengingat-ingat kembali (recall)
atau mengenali kembali tentang nama istilah, ide, gejala, rumus-rumus dan
sebagainya tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunakannya.
2. Pemahaman
(comprehension) adalah kemampuan
seseorang untuk mengerti atau memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui
dan diingat. Dengan kata lain memahami adalah mengetahui tentang sesuatu dan
dapat melihatnya dari berbagai sisi. Seorang siswa dikatakan memahami sesuatu
apabila ia dapat memberikan penjelasan atau memberi uraian yang lebih rinci
tentang hal itu dengan kata-katanya sendiri.
3. Penerapan
atau aplikasi (application) adalah
kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau menggunakan ide-ide umum, tata cara
ataupun metode-metode, prinsip-prinsip, rumus-rumus, teori-teori, dan
sebagainya dalam situasi yang baru dan konkret.
4. Analisis
(Analysis) adalah kemampuan seseorang
untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian-bagian
yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan diantara bagian-bagian atau
faktor-faktor yang satu dengan fakto-faktor yang lainnya.
5. Sintesis
(synthesis) adalah kemampuan berpikir
yang merupakan kebalikan dari proses berpikir analisis. Sintesis merupakan
suatu proses yang memadukan bagian-bagian atau unsur-unsur secara logis
sehingga menjelma menjadi suatu pola yang berstruktur atau berbentuk pola baru.
6. Penilaian
atau evaluasi (Evaluation) adalah
kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap situasi, nilai, atau
ide, misalnya jika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan ia akan mampu memilih satu pilihan yang terbaik, sesuai dengan patokan-patokan
atau kriteria yang ada.
6 Jenis Prilaku Ranah Kognitif Menurut Sudijono (2008: 50-52)
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.