Media
pembelajaran
paling besar pengaruhnya bagi indra dan lebih dapat menjamin
pemahaman siswa dalam menangkap materi yang disampaikan oleh guru. Orang
yang mendengarkan saja tidaklah sama tingkat pemahamannya dan
lamanya bertahan apa yang dipahaminya dibandingkan dengan mereka yang
melihat,
atau melihat dan mendengarnya (audio-visual). Media audio visual adalah media yang audible artinya dapat didengar dan media
yang visible artinya dapat dilihat dengan indera mata. Media
audio visual gunanya untuk mengoptimalkan cara berkomunikasi lebih efektif dan menyenangkan.
Menurut Suleiman (1988 :12) ada beberapa
faktor dalam filsafat dan sejarah pendidikan yang kita ketahui, tepatnya
pengetahuan disalurkan ke otak melalui satu indera atau lebih. Banyak ahli
berpendapat bahwa 75% dari pengetahuan manusia sampai ke otaknya melalui mata
dan yang selebihnya melalui pendengaran dan indera-indera yang lain
Suheri (2006: 30) mengemukan bahwa keunggulan dari penggunaan media audio
visual dalam pembelajaran, yaitu:
1.
Dapat menampilkan secara lebih
konkrit benda yang sangat kecil dan tidak tampak oleh mata, seperti kuman,
bakteri, elektron, dan lain-lain, dan juga benda-benda yang sangat besar yang
tidak mungkin dihadirkan ke sekolah, seprti gajah, rumah, gunung, dan
lain-lain,
2.
Menyajikan benda atau peristiwa
yang kompleks, rumit, dan berlangsung cepat atau lambat, seperti sistem tubuh
manusia, bekerjanya suatu mesin, beredarnya planet Mars, berkembangnya bunga,
dan lain-lain,
3.
Menyajikan benda atau peristiwa
yang jauh, seperti bulan, bintang, salju,
4.
Menyajikan benda atau peristiwa
yang berbahaya, seperti letusan gunung berapi, harimau, racun, dan lain-laian,
5.
Meningkatkan daya tarik dan
perhatian siswa.
Keunggulan dari Penggunaan Media Audio-Visual dalam Pembelajaran
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.