Friday, 28 November 2014

Strategi 4 Fase sebagai Sintaks Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)



Dalam penggunaan model pembelajaran NHT (Numbered Head Together) ada beberapa fase/sintaks/langkah-langkah yang harus ditempuh oleh guru. Menurut Trianto, (2010: 82-83) dalam mengajukan pertanyaan kepada seluruh siswa di dalam ruang kelas saat proses pembelajaran menggunakan model NHT, guru harus menggunakan struktur empat fase sebagai sintaks NHT sebagai berikut:

a.     Fase 1: Penomoran
Dalam fase ini, guru membagi siswa ke dalam kelompok 3-5 orang dan kepada setiap anggota kelompok diberi nomor antara 1 sampai 5.
b.    Fase 2: Mengajukan pertanyaan
Guru mengajukan pertanyaan kepada siswa.  Pertanyaan dapat bervariasi.  Pertanyaan dapat amat spesifik dan dalam bentuk kalimat tanya.  Misalnya, “Berapakah jumlah gigi orang dewasa?”  Atau berbentuk arahan, misalnya “Pastikan setiap orang mengetahui 5 buah  kota provinsi yang terletak di Pulau Sumatera.”
c.     Fase 3: Berpikir Bersama
Siswa menyatukan pendapatnya terhadap jawaban pertanyaan itu dan meyakinkan tiap anggota dalam timnya mengetahui jawaban tim.
d.      Fase 4: Menjawab
Guru memanggil suatu nomor tertentu, kemudian siswa yang nomornya sesuai mengacungkan tangannya dan mencoba untuk menjawab pertanyaan untuk seluruh kelas.



Artikel Terkait

Strategi 4 Fase sebagai Sintaks Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email