a. Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri
Penilian sikap melalui penilaian diri ini bertujuan untuk mengetahui sikap (afektif) siswa saat mengikuti pembelajaran di kelas. Hasil dari penilaian diri ini diserahkan kepada guru Bimbingan Konseling (BK) di sekolah yang bersangkutan untuk dijadikan pertimbangan dan evaluasi guru ataupun sebagai bahan untuk pemetaan. Berikut ini contoh dari format penilaian sikap melalui penilaian diri pada siswa.
Mata
Pelajaran
|
:
|
Biologi
|
Kelas/Semester
|
:
|
XII/1
|
Kompetensi
Dasar
|
:
|
3.3
Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam
proses penurunan sifat pada makhluk
hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
|
Topik/Subtopik
|
:
|
Materi
Genetik/ Kromosom, gen, dan DNA
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
2.1.1.
Menunjukkan perilaku rasa ingin tahu, ketika
melakukan diskusi dan presentasi di kelas
2.1.2.
Menunjukkan sikap disiplin dalam mentaati aturan cara presentasi
kelompok
2.1.3.
Menunjukkan sikap bertanggung jawab terhadap tugas
pada saat diskusi
|
Instrumen:
Format
Penilaian Diri
Nama
Peserta Didik :
..................................................................
Kelas :
..................................................................
Mata
Pelajaran :
..................................................................
Cat:
Skor: 4= selalu; 3=sering; 2= kadang-kadang; 1=tidak pernah
Jumlah skor = Jumlah skor tiap aspek BandarLampung..................
Nilai sikap = A/36x4
Peserta Didik,
Profil nilai sikap = 3,51-4,00 = SB
=
2,51-3,50 = B
=
1,51-2,50 = C ............................................
=
1,00-1,50 = K
|
Contoh Format Penilaian Sikap melalui Penilaian Diri K13
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.