Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa, peserta dapat
mengidentifikasi kesesuaian
isi buku dengan SKL, KI, dan KD, kecukupan dan kedalaman
materi, pendekatan saintifik, penilaian
autentik dan konteks lokal untuk menentukan tindak lanjut dalam
penggunaaan buku pada proses pembelajaran.
Langkah kegiatan:
1.
Siapkan dokumen SKL, KI dan KD serta buku
siswa!
2.
Pilihlah salah satu bab
dalam buku yang akan dianalisis oleh kelompok Anda!
3.
Pelajari aspek yang akan dianalisis pada format Analisis Buku Siswa yang
tersedia!
4.
Cermatilah isi buku pada bab tersebut yang berisi teks materi pembelajaran dan
informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi!
5.
Lakukanlah analisis
terhadap buku siswa dan tuliskan hasil
analisis pada format analisis dengan cara mendeskripsikan secara
singkat bagian isi buku sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis!
6.
Diskusikan hasil analisis untuk menindaklanjuti
penggunaan buku dalam pembelajaran, jika ada isi buku yang kurang/tidak sesuai dengan aspek yang
dianalisis, Anda disarankan untuk
memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai
pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran!
Format Analisis Buku Siswa
Judul buku:
|
Buku Siswa Biologi untuk
SMA/MA Kelas XII
|
Jenjang:
|
SMA/MA
|
Kelas:
|
XII MIPA
|
Topik/Judul Bab:
|
Replikasi
DNA
|
Aspek yang dianalisis
|
Deskripsi pada buku
|
Halaman
|
Tindak lanjut hasil analisis
|
|
Kesesuaian isi buku dengan
SKL
|
||||
-
Dimensi Sikap
|
DNA dapat bersifat
heterokatalitik dan autokatalitik. DNA bersifat heterokatalitik karena mampu
membentuk RNA melalui sintesis protein. DNA bersifat autokatalitik dapat
melakukan replikasi menghasilkan DNA baru
|
73
|
Sesuai dimensi sikap
|
|
-
Dimensi Pengetahuan
|
Materi
genetik merupakan substansi yang dapat diwariskan dari orang tua kepada
anaknya. Oleh karena itu identifikasi materi genetik pada diri seseorang
dapat digunakan sebagai dasar dalam penentuan status seseorang. Terlebih
lagi, dewasa ini begitu banyak kasus-kasus yang tidak mudah diselesaikan
dengan penyelidikan saja, diperlukan penerapan ilmu genetika untuk
penyelesaiannya.
|
65
|
Sebaiknya materi memuat beberapa konsep faktual,
konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan.
|
|
-
Dimensi Keterampilan
|
Mengidentifikasi kromosom kelenjar ludah pada
Drodophila melanogaster.
Mengekstraksi DNA Buah buahan
Membuat model struktur DNA
Mempragakan proses sintesa protein dalam pembentukan
sifat pada makhluk hidup.
|
70-71
75-77
77
83
|
Sebaiknya memuat kemampuan berpikir dan bertindak yang
efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.
|
|
Kesesuaian isi buku dengan KI
|
||||
KI 1
|
Dengan menggunakan
pola pikir ilmiah yang dianugerahkan Tuhan bagaimana kamu dapat menjelaskan
kalau DNA merupakan gen yang diwariskan dari orang tua kita masing-masing
|
65
|
Sesuai, karena
setelah membaca referensi mengenai DNA yang diwariskan dari orang tua kepada
anaknya merupakan kebesaran Tuhan atas penciptaannya
|
|
KI 2
|
Mengamati berita,
rubrik kasus mengenai tertukarnya bayi di rumah sakit, rubrik mengenai
penentuan identitas suatu perampokan
|
65
|
Sesuai, karena
setelah membaca referensi kalau gen, DNA merupakan hasil dari induk yang
diturunkan
|
|
KI 3
|
Di dalam kromosom
terdapat substansi genetik yang dapat menentukan sifat individu yaitu DNA,
DNA berfungsi membawa informasi genetik, gen berfungsi mengatur metabolisme
dan menyampaikan informasi genetik dari suatu generasi ke generasi berikutnya
|
77
|
Sesuai, peserta
didik mampu menganalisis perbedaan dari bentuk hidung kawan-kawan sekelas
|
|
KI 4
|
Mari bereksprimen
|
70-71
75-77
|
Sebaiknya memuat kemampuan berpikir dan
bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.
Dengan model PBL.Penugasan
(literatur), Inquiry learning.
dan Tugas proyek
|
|
Kesesuaian isi buku dengan KD
|
||||
KD dari KI 1
|
Dari sudut pandang ilmu kimia, kekayaan genetikmu
adalah DNA yang kamu warisi dari orangtuamu. Jadi setelah mempelajari
kompleksitas susunan genetik dan proses yang terjadi di dalamnya, sudah
sepantasnya kamu bersyukur kepada Tuhan YME atas diciptakannya substansi
genetik dalam dirimu.
|
65
|
Diharapakan
tidak hanya memuat sikap bersyukur tetapi memuat juga perilaku yang
mencerminkan sikap seseorang yang berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan
bertanggung jawab.
|
|
KD dari KI 2
|
Mari
bereksplorasi
|
65, 66,72,74,79,83
|
Diharapkan pada aspek sikap juga dapat menunjukkan
perilaku yang rasa ingin tahu, teliti, kritis, kreatif dan bertanggungjawab.
|
|
KD dari KI 3
|
Kromosom, DNA, dan gen
Sintesis Protein
|
65-77
78-84
|
Sebaiknya
materi memuat beberapa konsep faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif
dalam ilmu pengetahuan.
|
|
KD dari KI 4
|
Mari bereksprimen
|
70-71
75-77
|
Sebaiknya
memuat kemampuan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret.
Dengan model
PBL.Penugasan (literatur), Inquiry learning.
dan Tugas proyek
|
|
Kesesuaian isi buku dengan Pendekatan Saintifik kesesuaian isi buku dengan KD
|
||||
Mengamati
|
Mari Bereksplorasi
|
65, 72, 79, 83
|
Sudah sesuai
|
|
Menanya
|
Mari Bereksplorasi
|
65, 72, 79, 83
|
Sudah sesuai
|
|
Mengumpulkan Informasi
|
Mari Bereksplorasi
|
65, 72, 79, 83
|
Sudah sesuai
|
|
Mengasosiasi
|
Mari Bereksplorasi
|
65, 72, 79, 83
|
Sudah sesuai
|
|
Mengomunikasikan
|
Mari Bereksplorasi
|
65, 72, 79, 83
|
Sudah sesuai
|
|
Kesesuaian isi buku dengan Penilaian Autentik
|
||||
Penilaian Sikap
|
·
Saat melakukan diskusi cobalah untuk menerapkan sikap
bekerja sama, berani bertanya, dan mengemukakan pendapat agar duskusi
berjalan dengan lancar.
·
Pada tahap mengkomunikasikan, presentasikan laporan
kelompokmu dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun
|
66,67,72,74,79,84
|
Diharapkan pada aspek sikap juga dapat menunjukkan
perilaku yang rasa ingin tahu, teliti, kritis, kreatif dan bertanggungjawab.
|
|
Penilaian Pengetahuan
|
Evaluasi
1. Pilihan Ganda
2. Uraian
|
86,88
|
Alat Evaluasi pada hanya memuat ranah Kognitif C1, C2 (pilihan
Ganda) dan C4 (Uraian).
|
|
Penilaian Keterampilan
|
Mari
bereksprimen point D
|
71,76,77
|
Sudah
sesuai
|
|
Kesesuaian isi buku konteks lokal
|
||||
Budaya/ Sosial
/Kewirausahaan/ Sumber Daya Alam/ Teknologi/Lingkungan*)
|
Buatlah model sintesis protein menggunakan barang
barang bekas yang aman dan mudah ditemukan disekitarmu. Kembangakan daya kreativitasmu dalam memanfaatkan
barang barang bekas tersebut.
|
85
|
Sudah
sesuai
|
Rekomendasi Tindak Lanjut
hasil Analisis:
Buku sudah cukup baik tetapi perlu adanya revisi dalam hal :
·
Lebih menggunakan kata kerja
aktifitas yang mampu dilakukan peserta didik dengan baik
·
Harus menyesuaikan dengan silabus
sehingga buku siswa tersebut dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi
sesuai dengan tuntutan standar minimal
·
Melengkapi materi sesuai dengan
deskripsi materi yang tertuang dalam silabus
·
Melengkapi instrumen penilaian
sesuai dengan rancangan penilaian, baik penilaian pengetahuan, sikap maupun
keterampilan
|
Catatan:
*) dipilih sesuai dengan teks/isi bagian buku
yang dianalisis
K13: Contoh Format Analisis Buku Siswa SMA LENGKAP !
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.