Friday, 27 November 2015

K13: Contoh Format Analisis Buku Siswa SMA LENGKAP !

Analisis Buku Siswa

Tujuan: Melalui kegiatan analisis buku siswa, peserta dapat mengidentifikasi kesesuaian isi buku  dengan  SKL, KI, dan KD, kecukupan dan kedalaman materi,   pendekatan saintifik, penilaian autentik dan konteks lokal untuk menentukan tindak lanjut  dalam penggunaaan buku pada proses pembelajaran.       
Langkah kegiatan:
1.       Siapkan dokumen  SKL, KI dan KD  serta buku  siswa!
2.       Pilihlah salah satu bab dalam buku yang akan dianalisis oleh kelompok Anda! 
3.       Pelajari aspek   yang akan dianalisis  pada format Analisis Buku Siswa yang tersedia!
4.       Cermatilah  isi buku pada bab tersebut  yang berisi teks materi pembelajaran dan informasi lainnya seperti kegiatan siswa dan evaluasi!
5.       Lakukanlah analisis terhadap buku siswa dan  tuliskan hasil analisis pada format  analisis  dengan cara mendeskripsikan secara singkat  bagian isi buku   sesuai dengan aspek-aspek yang dianalisis!
6.       Diskusikan  hasil analisis untuk menindaklanjuti penggunaan buku dalam pembelajaran, jika ada isi buku  yang kurang/tidak sesuai dengan aspek yang dianalisis, Anda  disarankan untuk memberikan rekomendasi tindak lanjut yang harus dikerjakan guru sebagai pengguna buku siswa untuk proses pembelajaran!
                                                                                                                   
Format Analisis Buku Siswa
Judul buku:
           Buku Siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas XII
Jenjang:
             SMA/MA
Kelas:
             XII MIPA
Topik/Judul Bab:
             Replikasi DNA

Aspek yang dianalisis
Deskripsi pada buku
Halaman
Tindak lanjut hasil analisis

Kesesuaian isi buku  dengan  SKL

-      Dimensi Sikap
DNA dapat bersifat heterokatalitik dan autokatalitik. DNA bersifat heterokatalitik karena mampu membentuk RNA melalui sintesis protein. DNA bersifat autokatalitik dapat melakukan replikasi menghasilkan DNA baru
73
Sesuai dimensi sikap

-      Dimensi Pengetahuan
Materi genetik merupakan substansi yang dapat diwariskan dari orang tua kepada anaknya. Oleh karena itu identifikasi materi genetik pada diri seseorang dapat digunakan sebagai dasar dalam penentuan status seseorang. Terlebih lagi, dewasa ini begitu banyak kasus-kasus yang tidak mudah diselesaikan dengan penyelidikan saja, diperlukan penerapan ilmu genetika untuk penyelesaiannya.
65
Sebaiknya materi memuat beberapa konsep faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan.

-      Dimensi Keterampilan
Mengidentifikasi kromosom kelenjar ludah pada Drodophila melanogaster.

Mengekstraksi DNA Buah buahan
Membuat model struktur DNA

Mempragakan proses sintesa protein dalam pembentukan sifat pada makhluk hidup.
70-71


75-77
77

83


Sebaiknya memuat kemampuan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.

Kesesuaian isi buku dengan KI

KI 1
Dengan menggunakan pola pikir ilmiah yang dianugerahkan Tuhan bagaimana kamu dapat menjelaskan kalau DNA merupakan gen yang diwariskan dari orang tua kita masing-masing
65
Sesuai, karena setelah membaca referensi mengenai DNA yang diwariskan dari orang tua kepada anaknya merupakan kebesaran Tuhan atas penciptaannya

KI 2
Mengamati berita, rubrik kasus mengenai tertukarnya bayi di rumah sakit, rubrik mengenai penentuan identitas suatu perampokan
65
Sesuai, karena setelah membaca referensi kalau gen, DNA merupakan hasil dari induk yang diturunkan

KI 3
Di dalam kromosom terdapat substansi genetik yang dapat menentukan sifat individu yaitu DNA, DNA berfungsi membawa informasi genetik, gen berfungsi mengatur metabolisme dan menyampaikan informasi genetik dari suatu generasi ke generasi berikutnya
77
Sesuai, peserta didik mampu menganalisis perbedaan dari bentuk hidung kawan-kawan sekelas

KI 4
Mari bereksprimen
70-71
75-77
Sebaiknya memuat kemampuan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.
Dengan model  PBL.Penugasan (literatur), Inquiry learning.
dan Tugas proyek


Kesesuaian isi buku dengan KD

KD dari KI 1
Dari sudut pandang ilmu kimia, kekayaan genetikmu adalah DNA yang kamu warisi dari orangtuamu. Jadi setelah mempelajari kompleksitas susunan genetik dan proses yang terjadi di dalamnya, sudah sepantasnya kamu bersyukur kepada Tuhan YME atas diciptakannya substansi genetik dalam dirimu.
65
Diharapakan tidak hanya memuat sikap bersyukur tetapi memuat juga perilaku yang mencerminkan sikap seseorang yang  berakhlak mulia, berilmu, percaya diri, dan bertanggung jawab.

KD dari KI 2
Mari bereksplorasi
65, 66,72,74,79,83
Diharapkan pada aspek sikap juga dapat menunjukkan perilaku yang rasa ingin tahu, teliti, kritis, kreatif dan bertanggungjawab.

KD dari KI 3
Kromosom, DNA, dan gen
Sintesis Protein
65-77
78-84

Sebaiknya materi memuat beberapa konsep faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif dalam ilmu pengetahuan.

KD dari KI 4
Mari bereksprimen
70-71
75-77
Sebaiknya memuat kemampuan berpikir dan bertindak yang efektif dan kreatif dalam ranah abstrak dan konkret.
Dengan model  PBL.Penugasan (literatur), Inquiry learning.
dan Tugas proyek


Kesesuaian isi buku dengan Pendekatan Saintifik                                                                   kesesuaian isi buku dengan KD

 Mengamati
Mari Bereksplorasi
65, 72, 79, 83
Sudah sesuai

Menanya
Mari Bereksplorasi
65, 72, 79, 83
Sudah sesuai

Mengumpulkan Informasi
Mari Bereksplorasi
65, 72, 79, 83
Sudah sesuai

Mengasosiasi
Mari Bereksplorasi
65, 72, 79, 83
Sudah sesuai

Mengomunikasikan
Mari Bereksplorasi
65, 72, 79, 83
Sudah sesuai

Kesesuaian isi buku dengan Penilaian Autentik

Penilaian Sikap
·    Saat melakukan diskusi cobalah untuk menerapkan sikap bekerja sama, berani bertanya, dan mengemukakan pendapat agar duskusi berjalan dengan lancar.
·    Pada tahap mengkomunikasikan, presentasikan laporan kelompokmu dengan menggunakan bahasa yang sopan dan santun
66,67,72,74,79,84
Diharapkan pada aspek sikap juga dapat menunjukkan perilaku yang rasa ingin tahu, teliti, kritis, kreatif dan bertanggungjawab.


Penilaian Pengetahuan
Evaluasi
1.   Pilihan Ganda
2.   Uraian
86,88
Alat Evaluasi pada hanya  memuat ranah Kognitif C1, C2 (pilihan Ganda) dan C4 (Uraian).

Penilaian Keterampilan
Mari bereksprimen  point D
71,76,77
Sudah sesuai

Kesesuaian isi buku konteks lokal

Budaya/ Sosial /Kewirausahaan/ Sumber Daya Alam/ Teknologi/Lingkungan*)
Buatlah model sintesis protein menggunakan barang barang bekas yang aman dan mudah ditemukan disekitarmu. Kembangakan  daya kreativitasmu dalam memanfaatkan barang barang bekas tersebut.
85
Sudah sesuai



Rekomendasi Tindak Lanjut hasil Analisis:
Buku sudah cukup baik tetapi perlu adanya revisi dalam hal :
       ·         Lebih menggunakan kata kerja aktifitas yang mampu dilakukan peserta didik dengan baik
       ·         Harus menyesuaikan dengan silabus sehingga buku siswa tersebut dapat membantu peserta didik mencapai kompetensi sesuai dengan tuntutan standar minimal
       ·         Melengkapi materi sesuai dengan deskripsi materi yang tertuang dalam silabus
       ·         Melengkapi instrumen penilaian sesuai dengan rancangan penilaian, baik penilaian pengetahuan, sikap maupun keterampilan






Catatan:
*)  dipilih sesuai dengan teks/isi bagian buku yang dianalisis


Artikel Terkait

K13: Contoh Format Analisis Buku Siswa SMA LENGKAP !
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email