Skip to main content

K13: Contoh Format Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Siswa

Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.    TesTulis
1)      Soal Uraian

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/ Ganjil
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/ Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.3.1          Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2          Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3          Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4          Membedakan DNA dan RNA (C2)



Instrumen
1.    Gambarkan dan sebutkan bagian-bagian dari kromosom!
2.    Buatlah tabel tentang letak, bentuk, kadar, gula, dan basa yang terdapat pada DNA dan RNA!
3.    Gambarkan skema untai DNA yang memiliki 4 nukleotida!
4.    Jelaskan tempat terjadinya replikasi DNA!

b.        Observasi Terhadap Diskusi/ Tanya Jawab

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/1
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/ Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.3.1     Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2     Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3     Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4     Membedakan DNA dan RNA (C2)
3.3.5     Menganalisis hubungan gen, DNA dan kromosom (C4)
3.3.6     Mengidentifikasi proses dalam sintesa protein (Transkripsi dan translasi) (C1)





                Lembar observasi pengetahuan melalui diskusi tentang kromosom, gen, dan DNA


Nama Peserta Didik
Pernyataan


Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinal
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak

.............







.............







.............







Dst








Kriteria:
1.  Setiap peserta didik diberikan kesempatan berpartisipasi maksimal 3 kali
2. Jika berpartisipasi 3 kali mendapat skor 9 nilainya 100
3. Perhitungan lainnya mengikuti misalnya peserta didik  mendapat skor 6 maka nilainya 6/9x100=66,7=67
4. Dst


c.     Penugasan

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/1
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/ Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.3.1     Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2     Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3     Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4     Membedakan DNA dan RNA (C2)
3.3.5     Menganalisis hubungan gen, DNA dan kromosom (C4)
3.3.6     Mengidentifikasi proses dalam sintesa protein (Transkripsi dan translasi) (C1)





Instrumen:
Menyusun kesimpulan hasil diskusi dan presentasi kelas mengenai kromosom, gen, dan DNA
Indikator
Tugas
Rubrik
Skor
Dapat menyusun kesimpulan hasil diskusi dan presentasi kelas
Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi dan presentasi kelas mengenai kromosom, gen, dan DNA
1. Konsep penting mengenai kromosom, gen, dan DNA
2.Konsep pengembangan tentang kromosom, gen, dan DNA
3.Kajian teori
4.Keaktifan siswa
5. Kesimpulan


1.   10
2.   10
3.   10
4.   10
5.   10




Popular posts from this blog

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di PT. Mega Central Finance

                                                                                          Bandar Lampung, 9 Oktober 2015 Yth : Pimpinan PT. Mega Central Finance Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                                      : Rizki Faya Islami, S.Pd tempat / tanggal lahir                         ...

Contoh Surat Undangan Untuk Majelis Taklim, Kajian Islam dan Acara Keagamaan

Ingat:  Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor     :  0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran :  - Perihal     :  Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita.  Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW.  Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal       : Sabtu/ 5 April 201 2     Waktu                 : 08.00 s.d...

TABEL: MACAM-MACAM ASAM AMINO DAN KODE GENETIKNYA

TABEL: MACAM-MACAM  ASAM AMINO DAN KODE GENETIKNYA Dibawah ini merupakan nama asam amino beserta triplet kode genetik yang dibawanya. NO. Nama Asam Amino SINGKATAN TRIPLET KODON 1 Alanin ALA GCA, GCG,GCC,GCU 2 Arginin ARG CGA, CGG, CGU, UGU, AGA, AGG 3 Asparagin ASN AAC, AAU 4 Asam Asparat ASP GAC, GAU 5 Sistein SYST UGC, UGU 6 Asam Glutamat GLU GAA, GAG 7 Glutamin GLN CAA, CAG 8 Glisin GLY GGC, GGU, GGA, GGG 9 Histidin HIS CAG, CAU 10 Isoleusin ILE AUC, AUU 11 Leusin LEU CUA, CUG, CUC, ACU, UUA, UUG 12 Lisin LY...