Friday, 27 November 2015

K13: Contoh Format Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Siswa

Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan
a.    TesTulis
1)      Soal Uraian

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/ Ganjil
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/ Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.3.1          Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2          Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3          Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4          Membedakan DNA dan RNA (C2)



Instrumen
1.    Gambarkan dan sebutkan bagian-bagian dari kromosom!
2.    Buatlah tabel tentang letak, bentuk, kadar, gula, dan basa yang terdapat pada DNA dan RNA!
3.    Gambarkan skema untai DNA yang memiliki 4 nukleotida!
4.    Jelaskan tempat terjadinya replikasi DNA!

b.        Observasi Terhadap Diskusi/ Tanya Jawab

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/1
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/ Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.3.1     Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2     Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3     Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4     Membedakan DNA dan RNA (C2)
3.3.5     Menganalisis hubungan gen, DNA dan kromosom (C4)
3.3.6     Mengidentifikasi proses dalam sintesa protein (Transkripsi dan translasi) (C1)





                Lembar observasi pengetahuan melalui diskusi tentang kromosom, gen, dan DNA


Nama Peserta Didik
Pernyataan


Jumlah
Pengungkapan gagasan yang orisinal
Kebenaran konsep
Ketepatan penggunaan istilah
Ya
Tidak
Ya
Tidak
Ya
Tidak

.............







.............







.............







Dst








Kriteria:
1.  Setiap peserta didik diberikan kesempatan berpartisipasi maksimal 3 kali
2. Jika berpartisipasi 3 kali mendapat skor 9 nilainya 100
3. Perhitungan lainnya mengikuti misalnya peserta didik  mendapat skor 6 maka nilainya 6/9x100=66,7=67
4. Dst


c.     Penugasan

Mata Pelajaran       
:
Biologi
Kelas/Semester      
:
XII/1
Kompetensi Dasar 
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Topik/Subtopik
:
Materi Genetik/ Kromosom, Gen, dan DNA
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
3.3.1     Menjelaskan struktur dan fungsi gen, DNA (C1)
3.3.2     Menjelaskan struktur dan fungsi kromosom (C1)
3.3.3     Mendeskripsikan struktur RNA  (C1)
3.3.4     Membedakan DNA dan RNA (C2)
3.3.5     Menganalisis hubungan gen, DNA dan kromosom (C4)
3.3.6     Mengidentifikasi proses dalam sintesa protein (Transkripsi dan translasi) (C1)





Instrumen:
Menyusun kesimpulan hasil diskusi dan presentasi kelas mengenai kromosom, gen, dan DNA
Indikator
Tugas
Rubrik
Skor
Dapat menyusun kesimpulan hasil diskusi dan presentasi kelas
Buatlah kesimpulan dari hasil diskusi dan presentasi kelas mengenai kromosom, gen, dan DNA
1. Konsep penting mengenai kromosom, gen, dan DNA
2.Konsep pengembangan tentang kromosom, gen, dan DNA
3.Kajian teori
4.Keaktifan siswa
5. Kesimpulan


1.   10
2.   10
3.   10
4.   10
5.   10




Artikel Terkait

K13: Contoh Format Instrumen Penilaian Kompetensi Pengetahuan Siswa
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email