Format Perancangan
Penerapan Pendekatan
Saintifik pada Pembelajaran Biologi
Kompetensi Dasar
|
:
|
3.3
Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam
proses penurunan sifat pada makhluk
hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
:
|
1. .....
2. .....
3. .....
|
Topik /Tema
|
:
|
Materi Genetik
|
Sub Topik/Tema
|
:
|
Kromosom, Gen, DNA
|
Alokasi Waktu
|
:
|
4 x 45 Menit
|
Tahapan Pembelajaran
|
Kegiatan
|
Mengamati
|
1. Menyimak
tayangan gambar tentang kromosom, gen, dan DNA
2. Membaca
literatur dari buku/internet
|
Menanya
|
· Guru
memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah diberikan
stimulasi.
Pertanyaan
yang diharapkan muncul adalah:
1. Bagaimanakah
penurunan sifat itu terjadi?
2. Di
manakah letak gen?
3. Apakah
yang dimaksud dengan kromosom?
4. Bagaimanakah
struktur kromosom?
5. Apakah
yang dimaksud DNA?
6. Bagaimanakah
struktur DNA?
· Pada
saat diskusi kelompok diharapkan muncul berbagai pertanyaan di antara siswa
untuk menjawab setiap masalah
· Setiap
siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang menunjang
kesimpulan tentang hubungan antara kromosom,
gen, dan DNA
|
Mengumpulkan informasi
|
Melakukan pengkajian
lebih lanjut terhadap permasalahan yang ada serta mengumpulkan data,
mengkaji, dan mengklasifikasikan data
|
Mengasosiasikan
|
Menetapkan
kesimpulan yang tepat dari hasil informasi yang didapat
|
Mengomunikasikan
|
1.
Mempresentasikan dari hasil diskusi kelompok
2.
Membuat rangkuman hasil diskusi dan presentasi
|
K13: Contoh Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Biologi dan IPA
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.