Skip to main content

K13: Contoh Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Biologi dan IPA

Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Biologi
Kompetensi Dasar
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
1. .....
2. .....
3. .....
Topik /Tema
:
Materi Genetik
Sub Topik/Tema
:
Kromosom, Gen, DNA
Alokasi Waktu
:
4 x 45 Menit


Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati



1.  Menyimak tayangan gambar tentang kromosom, gen, dan DNA
2.  Membaca literatur dari buku/internet

Menanya



·      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah diberikan stimulasi.
Pertanyaan yang diharapkan muncul adalah:
1.    Bagaimanakah penurunan sifat itu terjadi?
2.    Di manakah letak gen?
3.    Apakah yang dimaksud dengan kromosom?
4.    Bagaimanakah struktur kromosom?
5.    Apakah yang dimaksud DNA?
6.    Bagaimanakah struktur DNA?
·      Pada saat diskusi kelompok diharapkan muncul berbagai pertanyaan di antara siswa untuk menjawab setiap masalah
·      Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang menunjang kesimpulan tentang hubungan antara  kromosom, gen, dan DNA
Mengumpulkan informasi



Melakukan pengkajian lebih lanjut terhadap permasalahan yang ada serta mengumpulkan data, mengkaji, dan mengklasifikasikan data
Mengasosiasikan



Menetapkan kesimpulan yang tepat dari hasil informasi yang didapat
Mengomunikasikan



1.        Mempresentasikan dari hasil diskusi kelompok
2.         Membuat rangkuman hasil diskusi dan presentasi

Popular posts from this blog

Contoh Surat Undangan Untuk Majelis Taklim, Kajian Islam dan Acara Keagamaan

Ingat:  Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor     :  0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran :  - Perihal     :  Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita.  Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW.  Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal       : Sabtu/ 5 April 201 2     Waktu                 : 08.00 s.d...

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di PT. Mega Central Finance

                                                                                          Bandar Lampung, 9 Oktober 2015 Yth : Pimpinan PT. Mega Central Finance Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                                      : Rizki Faya Islami, S.Pd tempat / tanggal lahir                         ...

Sintak/Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli

               Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Menurut   Pannen, Mustafa, dan Sekarwinahayu (dalam Supriyadi, 2010:13).Model PBL berfokus pada penyajian suatu permasalahan( nyata atau simulasi ) pada siswa. Kemudian siswa diminta mencari pemecahan melalui serangkaian percobaan yang berdasarkan teori dan konsep dari suatu bidang ilmu. Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris Problem Based Learning ( PBL ).   Menurut Ratumanan (dalam Trianto, 2009:92), pengajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir ting­­­kat tinggi sehingga membantu siswa untuk memproses informasi dan menyusun pengetahuan mereka sendiri. Pada model pembelajaran berbasis masalah, kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati oleh siswa dan guru.   Dalam hal ini, pembelajaran dimu...