Friday, 27 November 2015

K13: Contoh Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Biologi dan IPA

Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Biologi
Kompetensi Dasar
:
3.3 Menganalisis Keterkaitan antara struktur dan fungsi gen, DNA, kromosom dalam proses penurunan sifat  pada makhluk hidup serta menerapkan prinsip-prinsip pewarisan sifat dalam kehidupan
Indikator Pencapaian Kompetensi
:
1. .....
2. .....
3. .....
Topik /Tema
:
Materi Genetik
Sub Topik/Tema
:
Kromosom, Gen, DNA
Alokasi Waktu
:
4 x 45 Menit


Tahapan Pembelajaran
Kegiatan
Mengamati



1.  Menyimak tayangan gambar tentang kromosom, gen, dan DNA
2.  Membaca literatur dari buku/internet

Menanya



·      Guru memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk bertanya setelah diberikan stimulasi.
Pertanyaan yang diharapkan muncul adalah:
1.    Bagaimanakah penurunan sifat itu terjadi?
2.    Di manakah letak gen?
3.    Apakah yang dimaksud dengan kromosom?
4.    Bagaimanakah struktur kromosom?
5.    Apakah yang dimaksud DNA?
6.    Bagaimanakah struktur DNA?
·      Pada saat diskusi kelompok diharapkan muncul berbagai pertanyaan di antara siswa untuk menjawab setiap masalah
·      Setiap siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang berbagai hal yang menunjang kesimpulan tentang hubungan antara  kromosom, gen, dan DNA
Mengumpulkan informasi



Melakukan pengkajian lebih lanjut terhadap permasalahan yang ada serta mengumpulkan data, mengkaji, dan mengklasifikasikan data
Mengasosiasikan



Menetapkan kesimpulan yang tepat dari hasil informasi yang didapat
Mengomunikasikan



1.        Mempresentasikan dari hasil diskusi kelompok
2.         Membuat rangkuman hasil diskusi dan presentasi

Artikel Terkait

K13: Contoh Format Perancangan Penerapan Pendekatan Saintifik pada Pembelajaran Biologi dan IPA
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email