Skip to main content

K13: Contoh Lengkap Format Analisis Buku Guru Di Sekolah

Format Analisis Buku Guru
Judul buku:
___________________________________________
Jenjang:
___________________________________________
Kelas:
___________________________________________
Topik/Judul Bab:
___________________________________________
                                                                                          
Aspek yang dianalisis
Deskripsi pada  buku
Halaman
Tindak lanjut hasil analisis
A.  Kesesuaian dengan kompetensi dasar
-     Pengantar



-     Indikator Pencapaian Kompetensi



-     Alokasi Waktu



-     Cakupan Materi Pembelajaran/ Materi Esensial



B.  Kesesuaian dengan pendekatan saintifik
Kegiatan/Langkah  Pembelajaran



C.  Kesesuaian dengan model  pembelajaran


-     Kegiatan/Langkah  Pembelajaran



D.  Kesesuaian dengan penilaian autentik
1.      Penilaian Sikap
-     Observasi



-     Penilaian Diri



-     Penilaian Teman Sejawat



-     Penilaian Jurnal




2.     Penilaian  Pengetahuan
-     Tes Tertulis





-     Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan



-     Penugasan



3.     Penilaian  Keterampilan
-     Unjuk kerja/kinerja/praktik



-     Projek



-     Produk



-     Portofolio



-     Tertulis (menulis karangan/ menulis laporan/menulis surat)*)



4.     TindakLanjut
-          Remedial



-          Pengayaan



E.   Interaksi dengan orang tua
Informasikan hubungan guru dan orang tua




                                                                                                                                

Deskripsi rekomendasi/tindak  lanjut hasil analisis buku guru
................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................
.................................................................................................................................................



Catatan *)   Penilaian keterampilan Tertulis disesuaikan dengan matapelajarannya

Popular posts from this blog

Contoh Surat Undangan Untuk Majelis Taklim, Kajian Islam dan Acara Keagamaan

Ingat:  Beri Kop/Kepala Surat Dari Lembaga Yang Bersangkutan Pada Bagian Ini* Contoh: Nomor     :  0 06 /B/Pan- Pel Begawi 4 /UKM Birohmah /UL/I V /201 2 Lampiran :  - Perihal     :  Undangan Yth. Ibu Pengurus MajelisTaklim .................................................. Di Tempat Assalamu‘alaikumWr.Wb. Puji dan syukurkehadirat Allah swt. atassegalanikmat yang diberikan-Nyakepadakita.  Shalawat dan salamselalutercurahkepada Nabi Muhammad SAW.  Sehubungandengan akan diadakannyakegiatan Ta bligh Akbar bersama Dai Muda ANTV Nizam Zulfikar dalamrangkaianacara Begawi 4 dengantema “ Al-Quran Sumber Inspirasi ” oleh UKM Birohmah Unila yang insya Allah dilaksanakanpada : Hari/ tanggal       : Sabtu/ 5 April 201 2     Waktu                 : 08.00 s.d...

Contoh Surat Resmi Lamaran Kerja di PT. Mega Central Finance

                                                                                          Bandar Lampung, 9 Oktober 2015 Yth : Pimpinan PT. Mega Central Finance Di tempat Dengan hormat, Saya yang bertanda tangan di bawah ini : nama                                                      : Rizki Faya Islami, S.Pd tempat / tanggal lahir                         ...

Sintak/Langkah-Langkah Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Menurut Para Ahli

               Model Pembelajaran Berbasis Masalah ( Problem Based Learning ) Menurut   Pannen, Mustafa, dan Sekarwinahayu (dalam Supriyadi, 2010:13).Model PBL berfokus pada penyajian suatu permasalahan( nyata atau simulasi ) pada siswa. Kemudian siswa diminta mencari pemecahan melalui serangkaian percobaan yang berdasarkan teori dan konsep dari suatu bidang ilmu. Pembelajaran berbasis masalah (PBM) merupakan istilah yang diadopsi dari bahasa Inggris Problem Based Learning ( PBL ).   Menurut Ratumanan (dalam Trianto, 2009:92), pengajaran berdasarkan masalah merupakan pendekatan yang efektif untuk pengajaran proses berpikir ting­­­kat tinggi sehingga membantu siswa untuk memproses informasi dan menyusun pengetahuan mereka sendiri. Pada model pembelajaran berbasis masalah, kelompok-kelompok kecil siswa bekerja sama memecahkan suatu masalah yang telah disepakati oleh siswa dan guru.   Dalam hal ini, pembelajaran dimu...