Friday 6 March 2020

Contoh Soal Biologi Kelas X Materi Ruang Lingkup Biologi (Cabang Ilmu Biologi)



YAYASAN ABDI KARYA (YADIKA)
SEKOLAH MENENGAH ATAS
SMA YADIKA NATAR
Jl. Sitara No.84 Muara Putih Natar. Lampung Selatan Telp. 0721. 91595

UJIAN TENGAH SEMESTER GANJIL
BIOLOGI
KELAS / SEMESTER : X / I

Hari/tanggal      :              /
Pukul / waktu    :                     / 90 Menit
JAWABLAH PERTANYAAN DI BAWAH INI DENGAN BENAR !

    1.   “Kematian ikan yang terjadi di wilayah perairan teluk Lampung (21/11/2017) disebabkan oleh limbah merkuri. Limbah merkuri mengandung senyawa kimia toksik, sehingga apabila senyawa ini terakumulasi ke dalam tubuh ikan, maka orang mengonsumsinya akan keracunan. Ditandai dengan muntah-muntah, diare, gangguan sistem pencernaan, imunitas menurun, kepala pusing, bahkan bisa menyebabkan kematian. Selain itu, limbah merkuri juga tidak ramah lingkungan, sehingga menyebabkan terjadinya pencemaran air laut.”
Dari informasi di atas, coba anda analisis 3 cabang ilmu biologi apa yang dapat membantu para peneliti untuk menanggulangi masalah di atas? (SKOR 10)

    2.   “Petani di daerah terpencil sering menggunakan insektisida cair untuk membunuh serangga/hama dan penyakit parasit pada tanaman pertaniannya. Insektisida cair mengandung sejumlah senyawa kimia berbahaya bagi tubuh organisme, seperti DDT (Dichlorodiphenyltrichloroethane). Akibatnya, jika senyawa DDT tersebut ikut terakumulasi di dalam sel-sel buah/sayur, maka orang yang mengonsumsinya akan berpeluang mengalami mutasi gen dan kromosom bahkan keracunan. Selain itu, senyawa insektisida cair yang  larut di areal perairan dapat menyebabkan pencemaran air, serta kerusakan ekosistem alam.” Dari permasalahan tersebut, coba anda analisis 5 cabang ilmu biologi untuk membantu peneliti dalam penanganan fenomena di atas ! (SKOR 10)

    3.   “Ibu Ani, ibu Ijah, dan ibu Marni akan melakukan pemeriksaan kesehatan di rumah sakit Umum Abdul Moeloek Bandar Lampung. Ibu Ani menderita cacar air disertai demam. Ibu Ijah menderita penyakit jantung. Sementara itu, ibu Marni menderita penyakit lupus. Ada 8 pintu ruangan praktek dokter spesialis di rumah sakit itu. Pintu 1 yaitu ruang radiologi, pintu 2 yaitu ruang virologi, pintu 3 ruang anatomi, pintu 4 ruang kardiologi, pintu 5 ruang farmakologi,  pintu 6 yaitu ruangan imunologi, pintu 7 ruangan ontologi, dan pintu 8 adalah ruang fisioterapi.” Dari informasi tersebut, pintu ruangan mana yang harus diketuk ibu Ani, ibu Ijah, dan ibu Marni untuk melakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter? Berikan alasannya ! (SKOR 10)

    4.   “Sering ditemukan sampah-sampah yang menumpuk di laci meja siswa. Ada sampah kulit pisang, sampah plastik pembungkus somay, dan jenis sampah plastik dari makanan/minuman yang dibeli siswa. Padahal membuang sampah di laci meja adalah perbuatan tidak baik. Jika dibiarkan terlalu lama, maka sampah-sampah ini bisa menimbulkan bau busuk. Dari informasi tersebut, coba anda kaji 2 cabang ilmu biologi apa yang berperan untuk mengkaji permasalahan di atas?  Sertakan alasannya ! (SKOR 10)

    5.   “Rumah-rumah warga di daerah “X” berdekatan dengan gardu listrik, tower/sutet. Dan sebagian besar dari anak-anak yang tinggal di daerah tersebut menderita penyakit pusing, dan beberapa diantaranya menderita kanker bahkan kematian.”
Jika anda adalah warga di daerah tersebut, hipotesa dan cabang ilmu biologi apa yang akan anda ajukan untuk memberikan alasan atas peristiwa di atas? (SKOR 15)

     6.   Tuliskan langkah-langkah metode ilmiah yang baik dan benar. Sertakan juga 5 sikap ilmiah apa yang harus ada dalam jati diri siswa jurusan IPA SMA Yadika Natar! (SKOR 10)

     7.   (SKOR 20) Siswa kelas X IPA SMA Yadika Natar melakukan penelitian dengan judul: “Efektivitas Penggunaan Pupuk KCL terhadap Jumlah Daun Cabai Merah”. Dalam melakukan eksperimen, siswa menggunakan 5 macam pot yang masing-masing diberi tanah secukupnya dan tiap pot ditanami cabe merah. Untuk menguji eksperimen, maka Pot 1 tidak diberi pupuk KCL, sementara itu pot 2,3,4,5 diberi dosis pupuk KCL dengan berbagai formulasi yang berbeda sehingga hasil penelitian menunjukkan ada perbedaan jumlah daun yang muncul dari satu pot dengan pot lainnya. Dari judul dan rancangan eksperimen penelitian siswa di atas, tentukan:
A.   Variabel terikat
B.    Variabel kontrol
C.   Variabel bebas

     8.   Keselamatan kerja di laboratorium IPA adalah hal prioritas yang harus dipandang penting oleh guru, siswa, dan laboran. Di laboratorium IPA banyak sekali bahan-bahan praktikum yang mengandung senyawa kimia tertentu. Ada senyawa kimia yang mudah menguap, terbakar, meledak, korosif, dan lain sebagainya. Coba anda buatkan tabel  bagaimana penanganan yang tepat untuk senyawa kimia yang mudah menguap dan terbakar ! (SKOR 15)

Oooooo SELAMAT MENGERJAKAN dengan KEJUJURAN  oooooo


Artikel Terkait

Contoh Soal Biologi Kelas X Materi Ruang Lingkup Biologi (Cabang Ilmu Biologi)
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email