BEBERAPA
KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM
MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN
Tabel 1: Tingkat Kompetensi Kata
Kerja Operasional
No
|
Klasifikasi Tingkat Kompetensi
|
Kaka Kerja Operasional yang digunakan
|
1
|
Berhubungan
dengan mencari keterangan (dealing
with retrieval)
|
1.
Mendeskripsikan
(describe)
2. Menyebutkan kembali (recall)
3. Melengkapi (complete)
4. Mendaftar (list)
5. Mendefinisikan (define)
6. Menghitung (count)
7. Mengidentifikasi (identify)
8. Menceritakan (recite)
9. Menamai (name)
|
2
|
Memproses (processing)
|
1.
Mensintesis
(synthesize)
2. Mengelompokkan (group)
3. Menjelaskan (explain)
4. Mengorganisasikan (organize)
5. Meneliti/melakukan eksperimen (experiment)
6. Menganalogikan (make analogies)
7. Mengurutkan (squence)
8. Mengkategorikan (categorize)
9. Menganalisis (analyze)
10. Membandingkan (compare)
11. Mengkalisifikasi (classify)
12. Menghubungkan (relate)
13. Membedakan (distinguish)
14. Mengungkapkan sebab (state causality)
|
3
|
Menerapkan dan
mengevaluasi (implementation and
evaluation)
|
1.
Menerapkan suatu prinsip (applying a principle)
2. Membuat
model (model building)
3.
Mengevaluasi (evaluating)
4.
Merencanakan (planning)
5. Memperhitungkan/meramalkan
kemungkinan (extrapolating)
6.
Memprediksi (predicting)
7. Menduga/mengemukakan pendapat/mengambil
kesimpulan (inferring)
8. Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting)
9. Menggeneralisasikan (generalizing)
10.
Mempertimbangkan/memikirkan
kemungkinan-kemungkinan (speculating)
11. Membayangkan/menkhayalkan/mengimajinasikan
(imagining)
12. Merancang (designing)
13. Menciptakan (creating)
14.
Menduga/membuat
dugaan/kesimpulan awal (hypothezing)
|
Tabel 2: KKO RANAH KOGNITIF, by B.Bloom, dkk:1956
Pengetahuan
(C.1)
|
Pemahaman
(C.2)
|
Penerapan
(C.3)
|
Analisis
(C.4)
|
Sintesis
(C.5)
|
Evaluasi
(C.6)
|
Mengutip;
Menyebutkan; Menggambar/men Menngenalkan
Mengidentifikasi;
Membilang;
Mendaftar;
Menunjukkan; Memberi indeks;
Memberi label;
Menamai;
Memasangkan;
Menandai;
Menamai;
Membaca;
Menyadari;
Menghafal;
Meniru;
Mereproduksi;
Mengulang;
Mencatat;
Meninjau;
Memilih;
Menyatakan;
Mempelajari;
Mentabulasi;
Memberi kode; Menelusuri;
Menulis.
|
Memperkirakan;
Menjelaskan;
Mengkategorikan; Mencirikan;
Mengasosiasikan
Membandingkan; Menghitung;
Mengkontraskan;
Mengubah;
Mempertahankan;
Menjalin;
Mengonstruksikan;
Menguraikan;
Mendiskusikan;
Menggali; Merangkum;
Mencontohkan;
Mempolakan
Menerangkan;
Mengemukakan; Menyimpulkan;
Memperluas; Menjabarkan.
|
Menugaskan;
Mengurutkan;
Menentukan;
Menerapkan;
Menyesuaikan;
Mengkalkulasi;
Memodifikasi;
Menghitung;
Membangun;
Menyusun;
Mengklasifikasi;
Membiasakan;
Mencegah;
Menentukan;
Menggunakan;
Menggambarkan
Mengukur;
Melatih;
Menyimpulkan;
Menunjukkan;
Mengemukakan; Mengoperasikan;
Mengkonsepkan
Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan;
Mengoperasikan
Melaksanakan;
Memproses; Mengaitkan; Memecahkan;
Mensimulasikan
Melakukan;
Mentabulasi;
Meramalkan.
|
Menganalisis; Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis;
Mendeteksi; Menyeleksi; Merinci; Menominasikan; Mendiagramkan;
Mengkorelasikan
Merasionalkan;
Menguji; Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan;
Membedakan; Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan;
Memerintahkan; Memilih; Melatih;
Mengedit;
Mentransfer.
|
Mengabstraksi; Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan;
Mengategorikan; Mengode; Mengarang;
Menyusun;
Membangun; Menanggulangi;
Mengombinasikan; Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan;
Menciptakan; Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi;
Mendikte; Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi;
Menggabungkan; Memadukan; Membatas; Mereparasi;
Menampilkan;
Memproduksi;
Menyiapkan;
Merekonstruksi.
|
Membandingkan; Menilai;
Mengarahkan; Mengritik;
Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi;
Memperjelas; Menafsirkan;
Mempertahankan; Memilih;
Memerincikan; Membuktikan; Mendukung;
Mengetes;
Memproyeksikan.
|
- Knowledge, Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota, rumus).
- Comprehension, Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf).
- Application, Kemampuan Penerapan (misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
- Analysis, Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya: menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
- Synthesis, Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium).
- Evaluation, Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
TABEL 3 : KKO RANAH AFEKTIF
Menerima
A.1
|
Menanggapi
A.2
|
Menilai
A.3
|
Mengelola
A.4
|
Menghayati
A.5
|
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati
|
Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
|
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang
|
Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan
Mempertahankan
Membangun
Membentuk
pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk
|
Mengubah
prilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan
|
TABEL 4: KKO RANAH PSIKOMOTORIK
PENIRUAN
(P.1)
|
MANIPULASI
(P.2)
|
ARTIKULASI
(P.3)
|
PENGALAMAN
(P.4)
|
Mengaktifkan;
Menyesuaikan; Menggabungkan; Melamar;
Mengatur;
Mengumpulkan; Menimbang; Mengonstruksikan;
Memperkecil; Membangun; Mengubah; Membersihkan;
Memposisikan.
|
Mengoreksi; Mendemonstrasikan; Merancang; Mencampur;
Memilah;
Melatih;
Memperbaiki; Membuat; Menempatkan;
Mengidentifikasikan;
Mengisi; Memanipulasi; Mereparasi.
|
Mengalihkan;
Mengemas;
Memutar;
Menarik;
Mendorong;
Memindahkan;
Mengirim; Memproduksi; Mengoperasikan;
Mencampur;
Membungkus; Menggantikan.
|
Mengalihkan;
Mempertajam; Membentuk; Memadankan;
Menggunakan;
Memulai;
Menyetir;
Menempel;
Menimbang;
Menseketsa;
Melonggarkan; Menjeniskan.
|
Tabel 5: KKO, COGNITIF by
Anderson & Krathwohle:2001
Mengingat
(Remember)
C.1
|
Mengerti
(Understand)
C.2
|
Menerapkan
(Apply)
C.3
|
Menguraikan
(Analyze)
C.4
|
Menilai
(Evaluate)
C.5
|
Mencipta
(Create)
C.6
|
Mengenal/ identifikasi
Menghafal/ telusuri
|
Interpretasi
Eksemplifikasi
Klasifikasi
Merangkum
Inferensi
Komparasi
Eksplanasi
|
Melaksanakan
Implementasi
|
Diferensiasi
Organisasi
Dekonstruksi
|
Mengecek
Mengkritik
|
Menurunkan/berhipotesis
Merencanakan
Menghasilkan/membangun
|
KATEGORI PROSES
|
CONTOH
|
Remember
|
(Memanggil pengetahuan relevan dari memori
jangka panjang,seperti:
Mengenal tanggal penting tertentu, Menghafal tanggal penting tertentu)
|
Understand
|
(Membangun makna dari pesan pembelajaran,
seperti:Mengubah bentuk penyajian, klasifikasi, translasi. Menemukan contoh
spesifik, ilustras. Mengelompokkan, mengkategorikan. Berabstraksi,
generalisas. Menyimpulkan, interpolasi, ekstrapolasi, prediksi,
Mengontraskan, memetakan, mencocokka.
Membangun hub. sebab akibat)
|
Apply
|
(Menggunakan prosedur pada situasi tertentu, seperti: Menerapkan suatu
prosedur pada tugas umum.Menggunakan suatu prosedur pada tugas khusus)
|
Analyze
|
(Menguraikan bagian-bagian tertentu dan
menentukan hubungan-hubung- annya, seperti: Membedakan, memfokuskan,
menyeleksi. Memadukan, menentukan, membuat struktur. Menetapkan
bias/pandangan/nilai/perhatian)
|
Evaluate
|
(Membuat pertimbangan berdasarkan criteria
dan standar, seperti:Mengko-
ordinasikan, memonitor, menguji. Menimbang/
mempertimbangkan)
|
Create
|
(Memasang unsure-unsur untuk membentuk
kesatuan yang fungsional; mereorganisasi bagian-bagian pola/ struktur baru,seperti: Mengusulkan hipotesis berdasarkan criteria.
Menyusun prosedur untuk melengkapi tugas
Menemukan suatu produk)
|
KARAKTERISTIK PENILAIAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
KELOMPOK MAPEL
|
MATA PELAJARAN
|
ASPEK YANG DINILAI
|
1. Agama dan Ahlak Mulia
|
Pendidikan Agama
|
Afektif dan Kognitif
|
2. Kewarganegaraan dan
Kepribadian
|
Pendidikan Kewarganegaraan
|
Kognitif dan Afektif
|
3. Jasmani, Olahraga dan
Kesehatan
|
Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan
|
Psikomotorik, Afektif dan Kognitif
|
4. Estetika
|
Seni Budaya
|
Afektif dan Psikomotorik
|
5. Ilmu Pengetahuan dan
Teknologi
|
Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan TIK
|
Kognitif, Afektif dan/atau Psikomotorik sesuai karakter
mata pelajaran
|
KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN
4/
5
Oleh
Wahid Priyono,S.Pd.