Saturday, 7 March 2020

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN



BEBERAPA KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN

Tabel 1: Tingkat Kompetensi Kata Kerja Operasional
No
Klasifikasi Tingkat Kompetensi
Kaka Kerja Operasional yang digunakan
1
Berhubungan dengan mencari keterangan (dealing with retrieval)
1.      Mendeskripsikan (describe)
2.      Menyebutkan kembali (recall)
3.      Melengkapi (complete)
4.      Mendaftar (list)
5.      Mendefinisikan (define)
6.      Menghitung (count)
7.      Mengidentifikasi (identify)
8.      Menceritakan (recite)
9.      Menamai (name)


2
Memproses (processing)
1.      Mensintesis (synthesize)
2.      Mengelompokkan (group)
3.      Menjelaskan (explain)
4.      Mengorganisasikan (organize)
5.      Meneliti/melakukan eksperimen (experiment)
6.      Menganalogikan (make analogies)
7.      Mengurutkan (squence)
8.      Mengkategorikan (categorize)
9.      Menganalisis (analyze)
10.  Membandingkan (compare)
11.  Mengkalisifikasi (classify)
12.  Menghubungkan (relate)
13.  Membedakan (distinguish)
14.  Mengungkapkan sebab (state causality)

3
Menerapkan dan mengevaluasi (implementation and evaluation)
1.      Menerapkan suatu prinsip (applying a principle)
2.      Membuat model (model building)
3.      Mengevaluasi (evaluating)
4.      Merencanakan (planning)
5.      Memperhitungkan/meramalkan kemungkinan (extrapolating)
6.      Memprediksi (predicting)
7.      Menduga/mengemukakan pendapat/mengambil kesimpulan (inferring)
8.      Meramalkan kejadian alam/sesuatu (forecasting)
9.      Menggeneralisasikan (generalizing)
10.  Mempertimbangkan/memikirkan kemungkinan-kemungkinan (speculating)
11.  Membayangkan/menkhayalkan/mengimajinasikan (imagining)
12.  Merancang (designing)
13.  Menciptakan (creating)
14.  Menduga/membuat dugaan/kesimpulan awal (hypothezing)




Tabel 2: KKO RANAH KOGNITIF,  by B.Bloom, dkk:1956
Pengetahuan
(C.1)
Pemahaman
(C.2)
Penerapan
(C.3)
Analisis
(C.4)
Sintesis
(C.5)
Evaluasi
(C.6)
Mengutip;
Menyebutkan;  Menggambar/men Menngenalkan
Mengidentifikasi;
Membilang;
Mendaftar;
Menunjukkan; Memberi indeks;
Memberi label;
Menamai;
Memasangkan;
Menandai;
Menamai;
Membaca;
Menyadari;
Menghafal;
Meniru;
Mereproduksi;
Mengulang;
Mencatat;
Meninjau;
Memilih;
Menyatakan;
Mempelajari;
Mentabulasi;
Memberi kode; Menelusuri;
Menulis.




Memperkirakan;
Menjelaskan;
Mengkategorikan; Mencirikan;
Mengasosiasikan
Membandingkan; Menghitung;
Mengkontraskan;
Mengubah;
Mempertahankan;
Menjalin;
Mengonstruksikan;
Menguraikan;
Mendiskusikan;
Menggali; Merangkum;
Mencontohkan;
Mempolakan
Menerangkan;
Mengemukakan; Menyimpulkan;
Memperluas; Menjabarkan.

Menugaskan;
Mengurutkan;
Menentukan;
Menerapkan;
Menyesuaikan;
Mengkalkulasi;
Memodifikasi;
Menghitung;
Membangun;
Menyusun;
Mengklasifikasi;
Membiasakan;
Mencegah;
Menentukan;
Menggunakan;
Menggambarkan
Mengukur;
Melatih;
Menyimpulkan;
Menunjukkan;
Mengemukakan; Mengoperasikan;
Mengkonsepkan
Menggali; Mengadaptasi; Menyelidiki; Mempersoalkan;
Mengoperasikan
Melaksanakan;
Memproses; Mengaitkan; Memecahkan;
Mensimulasikan
Melakukan;
Mentabulasi;
Meramalkan.
Menganalisis; Mengaudit; Memecahkan; Menegaskan; Mendiagnosis;
Mendeteksi; Menyeleksi; Merinci; Menominasikan; Mendiagramkan;
Mengkorelasikan
Merasionalkan;
Menguji; Mencerahkan; Menjelajah; Membagankan;
Membedakan; Menemukan; Memaksimalkan; Menelaah; Mengaitkan;
Memerintahkan;  Memilih; Melatih; Mengedit;
Mentransfer.

Mengabstraksi; Mangatur; Menganimasi; Mengumpulkan; Menciptakan;
Mengategorikan; Mengode; Mengarang;
Menyusun;
Membangun; Menanggulangi;
Mengombinasikan; Menghubungkan; Mengkreasikan; Merencanakan;
Menciptakan; Mengoreksi; Merancang; Meningkatkan; Memfasilitasi;
Mendikte; Memperjelas; Membentuk; Merumuskan; Menggeneralisasi;
Menggabungkan; Memadukan; Membatas; Mereparasi;
Menampilkan;
Memproduksi;
Menyiapkan;
Merekonstruksi.
Membandingkan;  Menilai; Mengarahkan; Mengritik;
Memvalidasi; Menimbang; Memutuskan; Memisahkan; Memprediksi;
Memperjelas;  Menafsirkan; Mempertahankan; Memilih;
Memerincikan; Membuktikan; Mendukung;
Mengetes;
Memproyeksikan.

  1. Knowledge, Kemampuan mengingat (misalnya: nama ibu kota, rumus).
  2. Comprehension, Kemampuan memahami (misalnya: menyimpulkan suatu paragraf).
  3. Application, Kemampuan Penerapan (misalnya: menggunakan suatu informasi/ pengetahuan yang diperolehnya untuk memecahkan masalah).
  4. Analysis, Kemampuan menganalisis suatu informasi yang luas menjadi bagian-bagian kecil (Misalnya: menganalisis bentuk, jenis atau arti suatu puisi).
  5. Synthesis, Kemampuan menggabungkan beberapa informasi menjadi suatu kesimpulan (misalnya: memformulasikan hasil penelitian di laboratorium).
  6. Evaluation, Kemampuan mempertimbangkan mana yang baik dan mana yang buruk dan memutuskan untuk mengambil tindakan tertentu.
*) Untuk penyusunan soal, sesuai dengan indikator yang telah disusun dalam silabus, hendaknya memiliki tingkat berpikirdari menengah sampai tinggi.


TABEL 3 : KKO RANAH AFEKTIF
Menerima
A.1
Menanggapi
A.2
Menilai
A.3
Mengelola
A.4
Menghayati
A.5
Memilih
Mempertanyakan
Mengikuti
Memberi
Menganut
Mematuhi
Meminati

Menjawab
Membantu
Mengajukan
Mengompromikan
Menyenangi
Menyambut
Mendukung
Menyetujui
Menampilkan
Melaporkan
Memilih
Mengatakan
Memilah
Menolak
Mengasumsikan
Meyakini
Melengkapi
Meyakinkan
Memperjelas
Memprakarsai
Mengimani
Mengundang
Menggabungkan
Mengusulkan
Menekankan
Menyumbang

Menganut
Mengubah
Menata
Mengklasifikasikan
Mengombinasikan Mempertahankan
Membangun
Membentuk
    pendapat
Memadukan
Mengelola
Menegosiasi
Merembuk

Mengubah prilaku
Berakhlak mulia
Mempengaruhi
Mendengarkan
Mengkualifikasi
Melayani
Menunjukkan
Membuktikan
Memecahkan




TABEL  4: KKO RANAH PSIKOMOTORIK
PENIRUAN
(P.1)
MANIPULASI
(P.2)
ARTIKULASI
(P.3)
PENGALAMAN
(P.4)
Mengaktifkan; Menyesuaikan; Menggabungkan; Melamar;
Mengatur; Mengumpulkan; Menimbang; Mengonstruksikan;
Memperkecil; Membangun; Mengubah; Membersihkan;
Memposisikan.
Mengoreksi; Mendemonstrasikan; Merancang; Mencampur;
Memilah;
Melatih; Memperbaiki; Membuat; Menempatkan;
Mengidentifikasikan; Mengisi; Memanipulasi; Mereparasi.
Mengalihkan; Mengemas;
Memutar;
Menarik;
Mendorong;
Memindahkan; Mengirim; Memproduksi; Mengoperasikan;
Mencampur; Membungkus; Menggantikan.

Mengalihkan; Mempertajam; Membentuk; Memadankan;
Menggunakan; Memulai;
Menyetir;
Menempel; Menimbang;
Menseketsa; Melonggarkan; Menjeniskan.


Tabel 5: KKO, COGNITIF by Anderson & Krathwohle:2001
Mengingat
(Remember)
C.1
Mengerti
(Understand)
C.2
Menerapkan
(Apply)
C.3
Menguraikan
(Analyze)
C.4
Menilai
(Evaluate)
C.5
Mencipta
(Create)
C.6
Mengenal/ identifikasi

Menghafal/ telusuri
Interpretasi
Eksemplifikasi
Klasifikasi
Merangkum
Inferensi
Komparasi
Eksplanasi
Melaksanakan

Implementasi
Diferensiasi

Organisasi

Dekonstruksi
Mengecek

Mengkritik
Menurunkan/berhipotesis

Merencanakan
 Menghasilkan/membangun

KATEGORI PROSES
CONTOH
Remember

(Memanggil pengetahuan relevan dari memori jangka panjang,seperti:
Mengenal tanggal penting tertentu, Menghafal tanggal penting tertentu)
Understand

(Membangun makna dari pesan pembelajaran, seperti:Mengubah bentuk penyajian, klasifikasi, translasi. Menemukan contoh spesifik, ilustras. Mengelompokkan, mengkategorikan. Berabstraksi, generalisas. Menyimpulkan, interpolasi, ekstrapolasi, prediksi,
Mengontraskan, memetakan, mencocokka. Membangun hub. sebab akibat)
Apply

(Menggunakan prosedur pada situasi tertentu, seperti: Menerapkan suatu prosedur pada tugas umum.Menggunakan suatu prosedur pada tugas khusus)
Analyze

(Menguraikan bagian-bagian tertentu dan menentukan hubungan-hubung- annya, seperti: Membedakan, memfokuskan, menyeleksi. Memadukan, menentukan, membuat struktur. Menetapkan bias/pandangan/nilai/perhatian)
Evaluate

(Membuat pertimbangan berdasarkan criteria dan standar, seperti:Mengko-
ordinasikan, memonitor, menguji. Menimbang/ mempertimbangkan)
Create

(Memasang unsure-unsur untuk membentuk kesatuan yang fungsional; mereorganisasi bagian-bagian pola/ struktur baru,seperti:  Mengusulkan hipotesis berdasarkan criteria. Menyusun prosedur untuk melengkapi tugas
Menemukan suatu produk)

KARAKTERISTIK PENILAIAN KELOMPOK MATA PELAJARAN
KELOMPOK MAPEL
MATA PELAJARAN
ASPEK YANG DINILAI
1. Agama dan Ahlak Mulia
Pendidikan Agama
Afektif dan Kognitif
2. Kewarganegaraan dan
    Kepribadian
Pendidikan Kewarganegaraan
Kognitif dan Afektif
3. Jasmani, Olahraga dan
    Kesehatan
Pendidikan Jasmani , Olahraga dan Kesehatan
Psikomotorik, Afektif dan Kognitif
4. Estetika
Seni Budaya
Afektif dan Psikomotorik
5. Ilmu Pengetahuan dan
   Teknologi
Matematika, IPA, IPS, Bahasa dan TIK
Kognitif, Afektif dan/atau Psikomotorik sesuai karakter mata pelajaran



Artikel Terkait

KATA KERJA OPERASIONAL (KKO) YANG HARUS DIPAHAMI OLEH GURU/PENDIDIK DALAM MENYUSUN INDIKATOR PEMBELAJARAN
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email