Sunday 13 April 2014

6 Jenjang Proses Berpikir Dalam Ranah Kognitif

RANGKUMAN:
Berikut ini terdapat 6 jenjang proses berpikir dalam ranah kognitif yaitu sebagai berikut:

      1. Pengetahuan (knowledge) adalah kemampuan seseorang untuk mengingat-ingat kembali atau mengenali kembali tentang nama, istilah, ide, gejala, rumus-rumus dan sebagainya.
2. Pemahaman (comprehension) adalah kemampuan seseorang untuk mengerti atau memaham sesuatu setelah sesuatu itu diketahui atau diingat.
3. Penerapan (application) adalah kesanggupan seseorang untuk menerapkan atau menggunakan ide-ide umum, tata cara ataupun metode-metode, prinsip-prinsip, rumus-rumus, teori-teori, dan sebagainya dalam situasi yang baru dan konkret.
4. Analisis (analysis) adalah kemampuan seseorang untuk merinci atau menguraikan suatu bahan atau keadaan menurutbagian-bagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan diantara bagian-bagian atau faktor-faktor yang satu dengan yang lainnya.
5. Sintesis (synthesis) adalah suatu proses yang memadukan bagian atau unsur secara logis sehingga berubah menjadi pola berstruktur atau berbentuk pola baru.
6. Penilaian atau evaluasi (Evaluation) adalah kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap situasi, nilai, atau ide, misalnya jika seseorang dihadapkan pada beberapa pilihan maka ia akan mampu memilih satu pilihan yang terbaik, sesuai dengan patokan-patokan atau kriteria yang ada.
      PENTING ! Untuk lebih lengkapnya, silakan baca: Kata Kerja Operasional Ranah Kognitif, Afektif dan Psikomotorik.


Artikel Terkait

6 Jenjang Proses Berpikir Dalam Ranah Kognitif
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email